Tips Rahasia Ternak Bebek Untuk Pemula

Ternak Bebek – Mungkin ternak bebek ini sudah sangat populer di masyarakat bahkan di pasaran yang banyak menjual daging bebek untuk di komsumsi sendiri. Para petani dulu memikirkan bagaimana cara untuk memproduksi telurnya untuk dipasarkan.

Tetapi saat ini ternak bebek sudah cukup banyak yang memproduksi daging bebek dan telur bebek, untuk budidaya bebek sebagai usaha.

Selain itu, bayak juag permintaan dari restoran dan rumah makan yang meningkat tinggi. Selain permintaan restoran yang cukup tinggi karena banyak yang masyarakat menyukai dagingnya. Dan banyak para peternak bebek untuk di jadikan usaha sampingan agar dapat hasilnya yang banyak.

ternak bebek
onlineinbisnis.blogspot.com

Sebelumnya kita perlu ketahui, bukan hanya ternak dading bebek saja tetapi telurnya juga dapat kita hasilkan untuk kita jadikan tambahan pemasukan unagan. Kita juga bisa membuat budidaya telur bebek yang menjadi tambahan saja. Nah, untuk dagingnya bisa kita fokuskan, menjadi usaha yang utama setelah bebek sudah tidak produktif lagi.

Untuk bebek yang baru usia 20 minggu hingga satu tahun. Sampai ketika sudah mau bertelur selama 1 tahun, kebayakan bebek sudah tidak produktif lagi. Produksi telur bebek berkisaran 300-400 butir/tahunnya, 

Jika ingin memulai ternak bebek tidak begitu banyak untuk mengeluarkan modal yang dipakai. Namun jika demikian kita bisa budidaya bebek dengan modal yang tidak terlalu banyak, ini menjadi syarat mutlak, agar mendapatkan hasilnya yang maksimal.

Cara Ternak Bebek Dari Awal

 

ternak-bebek dari awal
duniaternak.com

Kami akan membagikan beberapa cara berternak bebek untuk pemula sehingga dapat dengan mudah untuk memulai ternak bebek dan ini mudah dipelajari semua orang. Santai saja pasti bisa ternak bebek dengan omset yang tinggi.

Tentukan Jenis Bebek Untuk Ternak

 

Sebelum kita mulai tentuakan terlebih dahulu jenis bebek yang ingin kita ternak, supaya tidak salah pilih dalam berternak berikut di bawah ini nama-nama jenis bebek ternak.

  • Bebek Alabio
bebek alabio
faunadanflora.com

Bebek ini merupakan campuran dari bebek kalimantan dan bebek peking yang menjadikan kemiripan dalam fisik bebek dan memiliki perilaku yang sama.

Jenis bebek ini yang sudah banyak digunakan untuk peternak bebek di seluruh indonesia terkhusus pada wilayah jawa. Bebek ini bisa juga diproduksi telurnya untuk di jadikan sebagai peternak bebek petelur.

Ciri-ciri bebek alabio adalah pada bagian bulunya berwarna coklat kekuningan dan ada bintik-bintik di seluruh tubuh. Untuk bebek jantan warnanya coklat kegelapan, warna paruhnya berwarna kuning terang terdapat garis putih.

Beratnya rata-rata 63 gr, produksi telur bisa mencapai 220- 250 butir/ekor, bebek alabio muali bertelur usia 6 bulan.

  • Bebek Mojosari
bebek mojosari
agrinak.com

Bebek mojosari adalah bebek petelur lokal bersal dari mojosari, jenis bebek ini termasuk kedala jenis bebek petelur yang banyak diternak oleh sebagian besar masyarakat indonesia.

Untuk produksi telurnya bisa mencapai 240-260 butir/tahunnya. Biasanya bebek ini mulai bertelur umur 6 bulan atau 7 bualn sampai masa stabilnya.

Kemudian, ciri-ciri bebek ini adalah bulunya yang berwarna kemerahan dengan kecoklatan yang ke hitaman dan pada ekor bebek jantan yang melengkung pada bagaian ekornya. Warna paruh dan kaki hitam yang terang.

Produksi telur yang dihasilkan bebek mojokerto adalah 230-250 butir/tahunya, masa produksi telur cukup tinggi 11 bulan/ tahunya. Dengan berat rata-rata 66 gr/butir.

  • Bebek Tegal
bebek-tegal
Marisukses.com

Bebek tegal ini memiliki warna yanag hampir semua bulu yang berwarna kecoklatan hal ini sangat terlihat jelas pada bagian dadanya, sayap punggung, dan ekornya. Pada bagian paruhnya panjang dan kakinya berwarna hitam.

Biasanya bebek ini memproduksi telur sampai 200-250 butir/tahun, rasa dagingnya cukup gurih yang bisanya dicari orang untuk membuat bebek bakar. Mulai bertelur pada usia 5.6 bulan hingga bulan berikutnya.

Pilih Lokasi Ternak Bebek

 

Pilihlah lokasi/tempat ternak bebek, sebaiknya lokasi ternak bebek jauh dari permukiman warga tetapi bisa terjangkau dengan trasportasi mobil atau montor. Jauhkan dari berbagai ancaman yang dapat menggangu bebek dari predator seperti ular,biawak, dan predator lainnya.

Pastikan lokasi tersebut ada tempat untuk berenag bebek, supaya dapat beradaptasi dengan baik.

 

Siapkan Kandang Bebek

 

Kandang adalah unsur yang paling utama sebelum pemilihan bibit bebek dan pakan bebek, kandang yang harus dibuat harus sesuai dengan bebek tersebut.

Kami akan menjelaskan beberapa langkah dasar untuk memilih kandang yaitu

kandang anak bebek (meri), pada saat umur 0-1 minggu bisa diletakkan pada kandang box dengan ukuran 1-3 m yang bisa menampung sekitar 50 ekor.

Kadang bebek remaja (bowder), ketika berumur 1-5 bulan, idealnya 10 ekor bisa menampung ruang 1 m2.

Kandang bebek petelur (layer), untuk bebek yang sudah siap bertelur biasanya membutuhkan kandang yang lebih luas yang dibanding dengan kandang anakan dan remaja. 4 ekor bebek petelur bisa menampung seluas 1 m2.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan peralatan bebek seperti berikut ini:

  • Temperatur kandang ± 39 ° C
  • Alat-alat perlengkapan dan sarana
  • kelembapan berkisaran 60-65%
  • Penerangan kandang

Perlengkapan kandang yang dapat digunakan adalah tempat makan bebek, tempat minum bebek atau yang lainya.

Pilih Bibit Bebek yang Sesuai

 

Untuk pemilihan bibit bebek yang bisa kita lakukan dengan cara mencari telur tetas dari induknya yang di jamin keunggulannya, pelihara induk bebek dengan penjantan + betina yang unggul agar mendapat bibit bebek yang unggul juga, kemudian beli DOD (Day Old Duck) dari pembelian yang sudah direkomendasikan bibit bebek yang unggul.

Pemberian Pakan

 

Pemberian pakan ini harus kita berikan pakan sesuai dengan usia bebek, untuk bebek petelur memebutuhkan protein 16%-20% dan energi 2.700kkal – 2900kkal. bahan protein tersebut adalah antara dedek, jangung, karak dan aking.

Bahan protein lainnya seperti bekicot, keong sawah, iakan rucah, remes, kulit udangdan kerang.

Berikut ini cara pemberian pakan pada bebek :

  1. Usia 0-16 hari diberikan pakan datar(tray feeder)
  2. Usia 16-21 hari berikan tray feeder dan seberkan di lantai
  3. Usia 21 hari hingga 18 minggu sama juga di sebarkan di lantai
  4. Usai 18-72 minggu, berikan pakan sampai memproduksi bertelur hingga mencapai 5%. Setelah itu berikan pakaan itik secara terus menerus.

Waktu Panen

 

Kita bisa memanen bebek hampir semuanya bisa kita panen mulai dari telur bebek, daging bebek yag bisa di olah menjadi bebek bakar/bebek panggang, kemudia pada bulu bebek ini dapat di olah menjadi kerajinan tangan dan kotorannya juga bisa di manfaatkan sebagai pupuk tanaman.

Tertarik ingin ternak bebek! buruan buka usaha untuk ternak bebek supaya mendapat omset yang besar anda harus lebih rajin untuk meningkatkan hasilnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *