10 Panduan Rahasia Sukses Cara Ternak Ayam

Ternak ayam – Baiklah kali ini saya akan membagikan tentang bagaimana cara ternak ayam mulai dari awal. Sebenarnya ada banyak sekali ternak ayam di berbagai informasi dalam bidang perternakan. Namun, Anda juga harus melihat bagaimana kita dalam menjalani peternakan untuk jangka yang panjang.

Mulai dari sudat pandang peternakan. Ternak ayam petelur ini menjadi salah satu peternak yang perlu kita tekuni, terutama menekuni dalam hal kebersihan dan pemberian pakan ayam petelur yang harus dijaga. Karena tidak semudah yangkita bayangkan.

Apalagi yang kita perlu perhatikan adalah bagaimana ternak ayam ini bisa berkembang dengan sukses sesuai yang telah kita harapkan pastinya. Tetapi Anda harus meluangkan waktu untuk serius berternak ayam.

Jika Anda ingin memulai ternak ayam mulai dari awal yang khusus untuk usaha. Ada beberapa yang harus kamu pelajari terlebih dahulu sebelum mulai.

Mencari Informasi Sebelum Ternak Ayam

 

ternak ayam
irishnews.com

Dari berbagai jenis pekerjaan yang akan kamu jalani tentunya kamu memerlukan informasi dan pengtahuan atau keahlian yang kamu miliki sehingga pekerjaan yang kamu jalani mendapatkan hasil dengan mencapai kesuksesan , tidak terkecuali dengan bisnis ternak ayam.

Jangan sampai ketika Anda sedang mulai berternak ayam, Anda akan merasa kebingungan di tengah jalan ketika sedang menjalani berternak ayam dan tidak mampu memanajemen yang baik, sehingga hasilnya tidak maksimal.

Oleh sebab itu, pelajari terlebuh dahulu bagaimana berternak ayam yang baik dan cari informasi yang luas. Sehingga, ketika memulai ternak ayam tidak kebingungan karna sudah tau bagaiman prosedurnya.

Bukan hanya itu saja, tetapi kamu harus berkonsultasi kepada para peternak ayam yang sudah sukses, agar bisa diajak berbicara tentang pengalaman berternak ayam. Jika Anda masih mulai usaha ternak ayam anda bisa melakukan kerjasama dengan para penjual bibit ayam dan para pembeli ayam yang bersangkutan.

Anda juga bisa mengikuti kegiatan-kegiatan dan pelatihan ternak ayam dengan beberapa instansi baik dari dinas pertanian maupun dari swasta. kegiatan tersebut bisa membantu Anda dalam memperdalami pengtahuan serta mempelajari petunjuk-petunjuk teknis yang berkenaan dengan bagaimana cara ternak ayam yang benar dan yang sesuai dengan petunjuk.

Sehingga, ketika akan mulai berternak ayam, tidak kesulitan dalam mengatur ayam dan hasil yang didapatkan juga dapat maksimal dengan baik.

Persiapan Sebelum Berternak

 

ternak ayam
pixabay.com

Sebelum memulai berternak ayam ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, hal ini harus sudah dipersiapkan secara matang untuk menentukan keberhasilan. Sebagai contoh ketika berbisnis ternak ayam sebaiknya Anda harus memperhatikan dengan betul persiapan lokasi serta teknik yang sesuai dengan standar perternakan.

Bandingkan dengan para petani jaman dulu ketika melakukan ternak ayam mereka melakukan dengan sistem umbaran (tanpa kandang), namun pola pemeliharan ini tidak begitu efesien untuk dijalankan di masa sekarang karena pemeliharaan yang seadanya, sehingga pertubuhan ayam dan produksinya cukup rendah.

Untuk contohnya ketika berternak secara tradisonal atau dengan cara di umbaran dengan membutuhkan waktu hampir 6 bulan untuk mencapai bobot 1 kg ayam. Sedangkan jika kita berternak dengan intensif kita membutuhkan waktu sekiter 2 sampai 2,5 bulan untuk mendapatkan daging yang siap di jual. Hal yang harus di persiapkan adalah

1. Persiapan Kandang

 

kandang ayam
alatternakayam.com

Sebelum memulai berternak ayam, adakalanya kita harus menyiapakan yang diperlukan untuk ternak ayam. Karena hal ini juga penting untuk peternak ayam, sehingga tidak akan menimbulkan masalah yang fatal.

Usahakan memilih kandang ayam bangkok yang jauh dari penduduk desa atau dari keramayan, agar bertujuan untuk menghindari dari berbagai macam wabah penyakit dan tidak berdampak kepada ayam dan supaya ayam tidak mengalami stres.

Mengenai kandang ayam ada beberapa macam jenis kandang ayam yang digunakan:

  • Kandang Umbaran

Biasanya kandang ini digunakan untuk peternak ayam kampung. Dengan sistem semi intensif, dimana ayam dilepaskan dengan bebas. Kandang yang seperti ini tidak cocok untuk ternak ayam karena perawatanya yang kurang

  • Kandang baterai

Kandang yang seperti ini yang paling banyak digunakan untuk para peternak ayam petelur. Karena sudah di desain untuk ayam petelur, supaya di mudahkan untuk mengumpulkan telur. Terutama dalam pemberian pakan ayam.

2. Persiapan Pakan, Vitamin dan Obat Untuk Ternak

 

pakan ayam ternak
viternaplus.com

Pakan adalah kebutuhn yang selalu disiapkan untuk peternak ayam dan disediakan oleh peternak, pakan juga termasuk kebutuhan yang sangat penting buat pertumbuhan ayam. Walaupun biaya pakan ayam ini yang lumayan besar jika dibandingkan dengan pakan yang lain.

Dalam beternak ayam juga kita bisa menyusun dengan menggunakan pakan yang memiliki nutrisi, memberikan vitamin, dan obat untuk ternak. Kita juga harus mengtahui penyusunan pakan, agar ayam yang kita ternak bisa menghasilkan. dengan baik.

3. Persiapan Peralatan

 

Untuk memulai ternak ayam, peralatan ayam yang harus kita perhatikan terlebih dahulu siapkanlah peralatan yang begitu penting seperti:

  • Tempat minum
  • tempat makan ayam
  • tempat bertelur
  • tempat litter
  • tempat pijakan ayam

4. Cara Pemeliharaan Ternak Ayam

 

ternak ayam
izkey.com

Dalam memelihara ternak ayam yang mencangkup tentang menjaga kebersihan kandang, pemberian obat, pakan dan menjaga semua kebutuhan untuk ternak ayam. Bukan hanya itu saja tapi juga harus menerapkan sistem ini juga yaitu dengan sistem ekstensif dan sistem intensif.

  • Sistem ekstensif

Adalah dengan sistem dipelihara di suatu kandang yang luas dan menjadi tempat untuk mencari makanan langsung dari sekitar kandang.

  • Sistem intensif

Pada sistem ini ayam yang dipelihara di dalam kandang dari awal masuknya ayam sampai ayam itu dipanen. Sistem ini biasanya hanya dilakukan khusus untuk ayam seperti broiler dan layer (petelur) kedua jenis ini sangat mudah stress jika dibandingkan di luar kandang.

5. Persiapan Memilih DOC atau Anak Ayam

ternak ayam
bisnis.tempo.co

Proses ini sangat penting untuk kesuksesan ternak ayam, agar dengan memilih bibit unggul pada ayam akan mengefesiensikan pakan dan waktu panen. Harus kita pilih dengan teliti agar mendapatkan ayam yang benar-benar berkualitas sehingga ayam yang dipilih dapat tumbuh dengan sehat dan sempurna.

Saat memilih DOC ayam, ada beberapa tanda yang dapat menjadikan tidak lumpuh serta dapat beradaptasi sehingga tidak mudah terserang penyakit.

6. Penentuan Rencana Panen

 

panen ayam
inilahsultra.com

Untuk penentuan waktu panen ayam, karena jangka waktu panen minimal dalam 30 hari, biasanya para peternak ayam sudah menyiapakan berbagai macam persiapkan untuk memanen ayam.

Jika Anda berternak ayam daging yang pasti  perencanaan waktu yang tepat untuk memanennya, karena jika lewat pada masa panen maka akan menambah biaya untuk panen.

Perhatikan Cara Manajemen dan Pengelolahan

 

ternak ayam
wattagnet.com

Para peternak harus memperhatikan manajemen ternak serta melakukan pengelolahan yang sesuai dengan standar. Pastikan berbagai kebutuhan ternak yang sudah mencukupi dalam berbagai hal serta kualitasnya.

Yang pada umumnya peternakan sudah melakukan teknik pemeliharaan sesuai setandar yang mempunyai kebutuhan memadai. Jagalah kebersihan kandang ayam, pastikan tempat minum dan tempat makan selalu bersih. Jangan lupa untuk membersihkan kandang, beserta peralatan lainnya juga, minimal dalam seminggu sekali.

Peralatan lain yang harus dimiliki oleh peternak ayam yaitu pengelolaan pembibitan seperti genset dan cooling room. Untuk mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik PLN karena bisa mengganggu proses penetasan telur.

Jenis-Jenis Ternak Ayam

 

jenis ayam
disnak.jatimprov.go.id

Jenis ayam ini yang sangat banyak terdapat di daerah-daerah khususnya daerah Indonesia, Anda dapat menemukan berbagai jenis ayam seperti ayam bangkok, ayam kate, ayam arab dan jenis-jenis lainya.

Bukan hanya itu saja, tetapi masih ada jenis ayam yang dapat di jadikan peternak atau usaha seperti ternak ayam petelur, ayam kampung, ayam potong dll. Baiklah saya akan menjelaskan jenis ternak ayam yang dijadikan peternak sebagai berikut:

1. Ternak Ayam Kampung

 

ternak ayam kampung
unsplash.com

Ayam kampung adalah jenis ayam yang sering berada di sekitar perkampungan, keberadaan jenis ayam ini sebagian besar tersebar di berbagai pelosok nusantara.

Mendengar sebuatan ayam kampung sudah tidak asing lagi untuk kita dengar karena sudah sering kali kita melihat di sekitar halaman dekat rumah atau perkampungan, oleh karena itu di sebut dengan ayam kampung.

Kemungkinan besar jenis ayam ini sudah banyak di gemari oleh masyarakat, mulai dari telurnya hingga dagingnya, karena ayam kampung sudah banyak di manfaatkan kepada masyarakat.

Biasanya masyarakat menjadikan ayam kampung sebagai budidaya secara teradisonal untuk dikonsumsi sendiri, padahal sebenarnya ayam ini bisa diternak sendiri sebagai penghasilan.

cara menernak ayam kampung juga tidak terlalu susah dibandingkan dengan ayam ternak petelur atau ayam pedaging, karena memiliki perbedaan sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi.

2. Ternak Ayam Petelur

 

ternak ayam petelur
bigdutchman.com

Ayam petelur termasuk komoditas yang cukup banyak diminati masyarakat untuk di jadikan sebagai ternak ayam petelur. Selain harga telur yang cukup mahal, karena banyak yang membeli telur ayam untuk di konsumsi sendiri.

Untuk menghasilkan telur yang memiliki kualitas yang baik tentunya harus dengan dukungan pola ternak yang baik. hal yang diperlukan untuk memberi makan dan perawatan setiap hari.

ketika kita sedang ternak ayam pasti ada kesalahan, salah satunya kematian. Ini sudah resiko yang harus ditangung. Oleh sebab itu agar anda berhasil demgan pertenakan yang Anda kerjakan untuk mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan kematian pada ayam sehingga ayam itu mati.

Caranya adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan, agar berbagai macam penyakit yang menyebabkan kematian tidak terulang lagi dan memilih bibit yang baik untuk tumbuh dengan baik.

Jangan pernah menganggap remeh ayam yang menderita penyakit, sebab akan mudah menular ayam yang satu dengan ayam yang lainya. Untuk mencegah ayam yang menderita sakit, Anda harus bertegas untuk membersihkan vaksinasi secara teratur.

3. Ternak Ayam Potong

 

ternak ayam potong
tinctureofmadness.wordpress.com

Berternak ayam potong ini bisa kita jadikan sebagai ladang usaha kita, karena sudah banyak orang yang sukses karena berternak ayam potong dan tidak mengenal musim atau waktu.

Tentunya peluang usaha ini sudah terbukti menjanjikan mengingat keberadaan di Indonesia yang terus mengalami kemajuan yang besar.

Salah satu keunggulan berternak ayam pedaging dibandingkan dengan usaha-usaha lain yang merupakan usaha tidak terlalu berpengaruh dengan persaing di pasokan daging ayam masih sangat besar.

Jadi inilah kenapa ternak ayam potong dianggap sebagai usaha yang memiliki potensi yang berkembang untuk menjadi usaha besar.

Namun begitu kita juga mesti realistis karena dibalik banyaknya pengusaha sukses ternyata tidak sedikit mereka yang gagal. Kita perlu mempelajari banyak hal agar rencana usaha ayam potong bukan saja berjalan namun kita harus mempelajari dengan serius agar terhindar dari kegagalan.

Kita perlu memperdalami semua informasi penting dari sumber internet bahkan mencari informasi yang lebih jelas di youtube agar efektif untuk menjadi peternak yang sukses.

JIka ingin serius mendalami dan menerapkan langkah-langkah terbaik maka kesuksesan dalam bidang apapun bukan suatu yang mustahil.

4. Ternak Ayam Bangkok

 

ternak ayam bangkok
arenalagaayam.net

Ayam bangkok ini sudah menjadi salah satu ternak yang berada di sekitar halaman, karena jenis ayam yang ini sudah cukup populer di Indonesia. Meskipun begitu, tidak banyak yang ingin berternak ayam bangkok.

Jenis ayam bangkok ini merupakan jenis yang berasal dari Bnagkok, Thailand. Ayam bangkok berbeda dengan ayam lainnya, karena tubuh ayam bangkok lebiih kekar dibandingkan dengan ayam yang lainnya.

Pada umumya ayam bangkok ini digunakan sebagai tarung ayam atau sebagai peliharaan saja, akan tetapi ada sebagian yang dijadikan usaha ayam bangkok karena harga ayam bangkok cukup mahal yangberbeda dengan ayam yang lainnya.

Jika kalian berternak ayam bangkok dengan merawat ayam dengan baik,untuk menghasilkan ayam yang berkualitas super yangbanyak dicari oleh para penggemarnya maka akan memberikan keuntungan yang sangat besar bahkan hingga jutaan rupiah per-ekor.

5. Ternak Ayam Negeri

 

ternak ayam negeri
agromedia.net

Seperti yang kita ketahui bahwa ayam negeri ini yang disebut ayam pedaging, ini bisa menjadi lahan bisnis yang menggiurkan. Dibandingkan dengan ayam kampung ynag memiliki daging yang lebih keras. Ayam negeri sudahbanyak diminati oleh berbagai kalangan yang di konsumsi oleh para masyarakat.

Sistem ternak ayam negeri yang hampir sama dengan ternak ayam kampung. Untuk panduan ternak ayam, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya bisa memerikan keuntungan yang besar seperti beberapa cara seperti, tipe kandang, membuat kandang, menyiapkan litter, wadah pakan dan minum, penambahan pemanasan, dan pemilihan bibit.

Karena daging ayam ini banyak yang menyukai, daging unggas memang memiliki kandungan protein hewan hewani yang cukup tinggi, sehingga banyak yang mengonsumsi daging ayam negeri yang sangat pentinbagi pertumbuhan metobolisme.

Saat ini bisnis ternak ayam yang di jadikan sebagai usaha dan untuk menghasilkan keuntungan. Biasanya usaha ini dilakukan dengan berbagai cara peternakan agar menguntungkan.

Sistem Ternak Ayam

 

1. Sistem Mandiri

 

ternak ayam mandiri
unsplash.com

Sistem ini merupakan usaha mandiri yang segala tentang kebutuhan dan pelengkapan berternak ditanggung oleh pihak pengelolaan peternak. Keuntungan dari sistem mandiri ini adalah semua hasil dari penjualan ayam atau telur ini merupakan milik pribadi atau milik sendiri secara keseluruhan.

Bagi Anda yang ingi menjalankan usaha ternak ayam, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang penting yang termasuk bagaimana cara dalam berternak ayam yang baik agar usah yang dijalani berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus Anda pikirkan dan dilakukan sebagai peternak ayam pemula:

  • Mencari Informasi mengenai produk ternak

Untuk berternak ayam maka Anda harus lebih mengtahui bagaiman ternak ayam yang memiliki kualitas yang unggul dan tingkat produktivitas yang baik. Dan bagaimana juga supaya panen ayamnya denga cepet, sehingga kita tidak terlalu lama menunggu.

  •  Memikirkan Konsumen Untuk Ternak Ayam

Kebanyakan orang yang menyukai mengonsumsi sebagian daging dan telur, untuk dijadikan berbagai jenis makanan. Dan bisa mendistribusikan di pasar, supermarket dan restoran yang mengunakan baha dasar ayam sebagai kebutuhan. Anda juga bisa menjual di temoat-tempat warung makan.

  •  Pemilihan Bibit Ayam

Setelah selesai menjual, Anda harus memikirkan bagaiman untuk pemilihan bibit ayam yan berkualitas baik untuk dijadikan ternak ayam dengan unggul. Yang pasti Anda harus tahu bagaimana ciri-ciri ayam ketika memilih ayam agar tidak salah dalam memilih.

  1. Terbebas dari penyakit jamur
  2. gerak lincahdan mata berwarna merah
  3. kakinya besar
  4. berasal dari induk yang cukup umur
  5. warna bulu ayam cerah
  6. berat ayam sesuai dengan standar.

2. Kemitraan

 

Usaha ayam ternak dengan cara kerjasama dimana perusahaan sebagai inti dari peternakan sebagai plasmanya. Para peternak hanya menyiapkan perlengkapan saja sesuai dengan permintan perusahaan yang di ajak kerja sama.

Ketika memeliharnya bersama-sama maka hasil panenya juga dibagi bersama-sama secar keseluruhan hingga tidak ada yang berbeda. karenasistem ini tidak begitu banyak mengluarkan  biaya yang besar.

Pemilihan Pakan yang Baik

 

unsplash.com

Untuk pemilihan pakan yang baik pastinya kita harus memilih yang sesuai dengan standar pakan ayam. Dengan memberi pakan yang banyak mengandung protein sesuai dengan kebutuhan ayam. Setelah itu, ayam harus diberikan vaksindan vitamin.

Terkadang banyak para peternak dalam memilih pakan tidak memenuhi standar yang telah ditentukan maka dagingnya tersebut tidak produktif. Ayam yang subur itu karena disebabkan nutrisi yang telah diberikan sesuai dengan standar.

Oleh karana itu pemberian makanan ayam juga jangan asal-asal memberi, yang kita pikirkan bagaiman ternak ayam supaya dapat memenuhi makanandengan memberi nutrisi yang cukup.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *