Panduan Ternak Ayam Petelur Tanpa Modal Besar

Ternak ayam petelur adalah tenak ayam betina yang sudah dewasa dan dapat menghasilkan telur. Kemudian telur yang dihasilkan dengan jumlah yang banyak sampai selesai pada masanya. Dengan begitu ayam petelur ini dapat diternak sebagai usaha.

Walaupun saat ini telah banyak yang menjadi sebagai pengusaha ayam petelur sebagai kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar. Sehingga supply telur kepasar belum tercapai untuk menerima permintaan,

Jadi, untuk Anda yang ingin ternak ayam petelur, Anda masih ada kesempatan untuk budidaya ayam petelur. Karena mayoritas masyarakat Indonesia banyak yang memgonsumsi tulur untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Telur ini mempunyai banyak kandungan protein yang sangat tinggi, yang kebanyak dijadikan sebagai bahan makanan. Selain itu juga telur bisa dijadikan sebagai bahan tambahan pembuatan kue.

Namun, untuk ternak ayam petelur ini pasti perlu bagaimana cara memelihara ayam supaya baik dan benar. Nah, untuk itu kami menulis artikel ini tentang ternak ayam petelur sebagai pemula atau belajar dari awal.

 

Tips Cara Ternak Ayam Petelur Dari Awal

 

tips ternak ayam petelur
pixabay.com

Ayam petelur ini termasuk komoditas peternakan yang sudah mencapai angka rata-rata. Selain juga harga telur yang cukup lumayan mahal. Cara tenak ayam petelur juga termasuk mudah dan sulit ketika melakukan.

Secara umum, ayam petelur yaitu sebagai ayam yang bertujuan untuk memelihara dan dapat menghasilkan. Jika kita hitung-hitung, seekor petelur yang bisa menghasilkan  200 hinga 250 butir pertahunnya.

Berbeda lagi dengan ayam pedaging yang dapat menghasilkan daging untuk dijual per ekornya. Jika kamu ingin mencobat berternak ayam ada beberapa cara yang harus di perhatikan sebelum kamu memulai.

Perhatikan di bawah ini :

 

Pilih Tempat Lokasi/Kandang

 

Sebelum melangkah usaha ternak ayam petelur, alagkah baiknya untuk mempersiapkan lokasi dan kandang yang harus di perhatikan lebih utama, karena jika tidak bisa jadi kamu akan mendapatkan masalah di tengah jalan. Dan di usahakan lokasi kandang  bebas dari permukiman warga, supaya menghindari dari kotoran ayam sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap.

Jika membuat lokasi yang jauh dari permukiman warga ayan juga dapat mengurangi stress pada ayam, serta menjauhi dari wabah penyakit kepada manusia. Dan juga tempat lokasi bisa di jagkau dengan teransportasi, supaya lebih mudah untuk merawatnya.

Dalam pembuatan kandang ada 2 jenis type kandang yang untuk digunakan oleh peternak ayam.

Pertama, adalah kandang umbaran yang biasanya ayam digabungkan dala satu kandang, maka kelemahan pada kandang ini, jika ayam bertelur maka telurnyapun akan berceceran di kandang, sehingga kita butuh waktu untuk mengumpulkan telur-telur yang di hasilakan.

Kedua, adalah kandang baterai dengan medel kandang seperti ini yang biasa di pakai oleh banyak orang, karena sudah dibuat khusus untuk ternak ayam petelur.

Dengan model kandang yang seperti ini kamu lebih mudah untuk memanennya dan tidak susah untuk mengambilnya.

 

Pemilihan Bibit Ayam Petelur

 

Dalam memulai usaha ayam petelur dalam segi unggas yang akan kita mulai dalam usaha harus memilih bibit unggas yang baik dan bagus. Pentingnya bibit ayam ini yang unggul, karena belum tentu semua bibit ayam yang kita beli, tidak semua bibit ayam memiliki unggulan.

Dalam membuka usaha ayam petelur memang sudah tidak heran lagi, apalagi kebutuhan telur yang setiap tahunnya  selalu mangalami keningkatan.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu memilih bibit ayam, pemilihan bibit yang bagus dapat mempengaruhi hasil yang berkualitas tinggi.

Berikut ini adalah cara memilih bibit yang unggul.

  1. Bibit harus baik dan tidak boleh cacat
  2. Bulu ayam sampai menutupi mata
  3. Pertumbuhan yang normal
  4. Bibit dari induk yang baik.

Kemudian untuk bibit unggul yang tahan dari penyakit dan ayam agar dapat menghasilkan ukuran telur yang besar.

Untuk itu bacalah beberapa jenis ayam petelur di bawah ini:

  1.  Babcock white
  2. Dekalb brown
  3. Rhode island read
  4. Ayam petelur dari arab

Jika Anda ingin memilih opsi lain dari yang di atas maka kenalilah bibit ayam yang unggul untuk petelur, bisa Anda baca di bawah ini.

  1. Menentukan jenis ayam petelur
  2. Induk ayam petelur
  3. Kesehatan ayam
  4. Kualitas ayam petelur
  5. Bulu ayam petelur
  6. Nafsu makan ayam

 

Pemberian Pakan Ayam Petelur

 

Pakan ayam adalah suatu hal yang paling terpenting dalam tenak ayam petelur, supaya mendapatkan hasil yang berkualitas. Maka kamu harus memberikan pakan ayam yang banyak mengandung protein, karbonhidrat, mineral, vitamin, untuk mencapai kebutuhan ayam.

Untuk pekan ayam petelur yang sering diberikan adalah:

  • Konsentrat
  • Dedak
  • Jagung

Pakan yang biasanya diberikan pada dua kali sehari setiap pagi dan sore, sehingga takarn yang pas, dan jangan sampai kekurangan pakan ayam. Jika anda memberikan pakan ayam kurang pada takaran, maka akan berdampak pada telur yang sedang di produksi nantinya.

Perawatan Ayam Petelur

 

Untuk perwatan ayam petelur agar ayam bisa menghasilkan telur setiap hari dengan sangat baik. Dan untuk mendapatkan telur yang berkualitas tinggi, apabila ayam petelur di rawat dengan baik.

Perawatan untuk kesehatan ayam petelur adalah untuk memberikan vaksin secari rutin, supaya menjadikan ayam lebih kebal. Selain perawatan ayam Anda harus lebih memperhatikan juga bagaimana kebersihan kandang dan perawatan.

Pentingnya menjaga kebersihan yang bertujuan untuk terhindar dari penyakit-penyakit. yaitu dengan memastikan kandang tetap dalam keadaan bersih. Kotoran yang sudah banyak di kandang untuk disegerakan membersihkan, dengan menggunakan alat yang ada.

 

Waktu Panen Ayam Petelur

 

Terakhir adalah kapan waktu panen ayam petelur yaitu saat ketika berusia sekitar 4 bulan, dari situ sudah menghasilkan telur setiap hari sehingga kita bisa panen setiap hari.

Untuk waktu pengambilan telur ini setidaknya kamu harus tahu  tiga cara pengambilan telur yaitu:

Pertama, pengambilan pada saat pukul antara 10.00-11.00.

Kedua, Pengambilan ini dilakukan pada saat pukul 13.00-14.00,

ketiga, adalah pengambilan yang dilakukan pada pukul 15.00-16.00.

Hasil dari panen ayam petelur juga dapat berupa kotoran ayam, yang dijadikan sebagai hasil tambahan. Ayam petelur yang dipelihara tentu akan menghasilkan kotoran ayam yang mana tidak dimanfaatkan oleh peternak ayam.

Nah, kotoran ayam tersebut akan memiliki nilai ekonomis jika dijual kepada orang yang memerlukan. Hasil penjualan ini tentu akan menjadi salah satu uang rupiah sebagai hasil tambahan bagi peternak ayam. Kemudian bagaiman hasil panen yang berupa telur? Pasti ada banyak hal yang dapat dilakukan agar pengambilan telur dapat diselesaikan dengan baik.

Namun kali ini kami akan memberikan tips tentang bagaiman telur ini dapat dilakukan supaya mengurangi tenaga kita.

Caranya, yaitu telur yang telah diambil dari kandang sebaiknya langsung diletakkan pada tempat telur atau pilih langsung telur yang bagus dan yang jelek. Telur yang baik adalah telur yang berbentuk oval, bersih, mulus dan beratnya 57,6 gram, dan volume 63 cc. Tentu telur yang tidak bagus kualitasnya sudah berbeda.

Kemudian kumpulkan telur menjadi satu,setelah itu lakukan pembersihan untuk di cuci. Biasanya ayam yang kotor ini terkena litter atau kotoran tinja. sehingga terlur dapat kotor. Bisa juga kamu gunakan untuk membersihkan dengan amplas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *