al muklisin Pencinta olahraga yang memiliki ketertarikan di dunia internet marketing terutama SEO (Search Engine Optimization).

Rumus ABC Matematika – Pembuktian, Pengertian, Penggunaan

1 min read

rumus abc

Muklisin.com – Baik pada kesempataan kali ini kita semua akan membahas temtang rumus ABC, pengertian dan pembuktian rumus ABC matematika serta berbagai contoh yang nanti bisa dipaparkan. Kali ini ada 3 macam rmus ABC yaitu aljabar, matriks, pangkat 3, dan konsep lainya.

Pengertian Rumus ABC

Rumus ABC adalah rumus untuk mencari persamaan akar kuadrat, dan beberapa syarat-syarat yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum masuk ke contoh, simak penjelasan dibawa ini.

Pertama yaitu persamaan kuadrat yang berbentuk ax2 + bx + c = 0

Kedua yaitu persamaan niali a ≠ 0

Bilangan yang berada dibawah tanda akar pada rumus yang diatas tersebut disebut Diskiminan ( D ), yang di mana D = b2 − 4ac. Dan rumus abc bisa berlaku jika nilai D > 0 

Di atas sudah di jelaskan bahwa ada 3 cara agar bisa kita gunakan untuk menyelesaikan persoalan, pertama adalah bagaimana memecahkan persamaan kuadrat, atau bisa juga dengan cara memfaktorkan, atau bisa juga dengan melengkapi dengan bentuk-bentuk rumus dan kuadrat.

Rumus kuadrat atau bisa juga disebut dengan formula ABC ini biasanya digunakan untuk ke persamaan kuadrat yang sulit dikemukakan. Bahkan banyak juga yang memakai dengan menggunakan metode ini sebagai senjata paling ampuh, karena tanpa dasar pemfaktoran atau bentuk kuadrat.

Nah, inilah yang disebut dengan formula abc dan komponen-komponen juga yang berada dalam formula hanya ada seperti ini a, b, c, dan tiap-tiap nya yang berupa koefisien x2, konstanta, dan koefisien x.

Rumus ABC

Rumus abc ini biasa digunakan untuk mencari akar-akar persamaan kuadrat yang bisa dipecahkan dengan cara melengkapi bentuk dari kuadrat.

ax + by = c px + qy = d

Rumus ini dapat digunakan untuk menyelesaikan persamaan kuadrat dengan koefisien a <1, a = 1, a> 1, dan diskriminan D> 0, D = 0, dan D <0.

Namun, berdasarkan beberapa dari pengalaman seputar kesalahan dalam menggunakan rumu abc supaca akar persamaan kuadrat tersebut, bertanda minus didepan seperti ini b (-b ± √…) dan kesalahan lagi yang sering adalah hanya mensubsitusi nilai b tanpa menerjemahkan tanda minus.

Supaya kalian semua dapat memahami rumus abc ini kami akan berika beberapa contoh soal nya dan berikut dibawah ini dan penjelasanya :

Contoh Soal Rumus ABC

1. Tentukan akar – akar dari persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc x2 + 7x + 10 = 0

Berarti a adalah = 1, b adalah = 7, dan c adalah = 10

Jawab :

X1 = -b + √b2 – √4ac : 2a

= -7 + √72 – 4 x 1 x 10 : 2 x 1

= -7 + √49 – √40 : 2

= -7 + 3 : 2 = -2

X2= -b – √b2 – √4ac : 2a

= -7 – √72 – 4 x 1 x 10 : 2 x 1

= -7 – √49 – √40 : 2

= -7 – 3 : 2

= -5

Jadi, x adalah = -2 atau bisa juga x adalah = -5

2. Menggunakan rumus kuadrat, tentukan himpunan penyelesaian dari x2 + 2x = 0

Jawab :

contoh soal rumus abc

3. Buatlah himpunan nya dengan soal x1,2 = -b + b2 – 4ac : 2a

Jawab :

contoh soal rumus abc

 

4. Tentukan hasil dari persamaan kuadrat berikut ini dengan menggunakan rumus abc?

Jawab :

contoh soal rumus abc2

5. Tentukan nilai x dari x2 – 2x – 3 = 0

 

Jawab :

contoh soal rumus abc

6. Tentukan himpunan dari soal berikut ini 3×2 – x – 2 = 0

contoh soal rumus abc4

Itulah penjelasan tentang rumus  dan bagaimana cara menghitung dengan menggunakan rumus abc berserta soal dan jawaban nya

Baca juga :

Rumus persamaan linier
Rumus Volume Lingkaran

al muklisin Pencinta olahraga yang memiliki ketertarikan di dunia internet marketing terutama SEO (Search Engine Optimization).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *