al muklisin Pencinta olahraga yang memiliki ketertarikan di dunia internet marketing terutama SEO (Search Engine Optimization).

Pengertian, Materi, dan Rumus Persamaan Linier

2 min read

persamaan linear

Muklisin.com – Seperti biasa pada kesempatan kali ini admin ingin berbagai ilmu tentang rangkuman materi persamaan linear smp kelas 10 dan kelas 11.Persamaan liner dua variabel atau tiga variabel memiliki rumus sisitem linear dan bentuknya, lebih jelasnya kalian simak sampai habis dibawah ini.

Pengerian Persamaan Linier

Intinya persamaan linier ini sama seperti dengan persamaan aljabar, yaitu sebuah sistem penghitungan didalam ilmu matematika supaya dapat dijabarkan dengan garis lurus dalam sebuah gambar grafik, nah sistem persamaan linear ini di sebut dengan sistem persamaan garis lurus.

Namu bagaiamana metodenya supaya dapat mengerjakan dalam sistem persamaan liner ini? Maka dari itulah kalian terus baca soal-soal persamaan linear, dan yang paling dicari yaitu bagaimana cara mengerjakan dengan baik dan benar secara singkat, tepat, dan lengkap.

Pengertian kalimat terbuka, sistem persamaan dan sistem persamaan linear

Ada tiga penegertian yang harus kalian tahu yaitu kalimat terbuka, persamaan, dan persamaan linear.

1. Kalimat terbuka

Pengerian kalimat terbuka adalah sebuah kalimat yang memiliki beberapa varial atau beberapa bentuk memuat variabel.

2. Persamaan

Pengertian persamaan adalah kalimat terbuka yang bisa dikatakan berhubungan sama dengan (=).

3. Persamaan linier

Pengertian persamaan linear adalah sebuah persamaan setiap sukunya itu mengandung konstanta dengan variabel sederajat dengan satu atau tunggal, atau bisa juga di gambarkan dengan sebuah gambar grafik dalam sistem kordinat kartesius.

Didalam persamaan akan bernialai betul atau EKWICALENT (< = >), jadi ruas yang sama kanan dan kiri di tambah dengan bilangan yang sama.

Rumus Persamaan Linear

y = mx + b

Contoh Rumus Bentuk Persaman Linier

y =-x+5 y =-05x+2

Contoh Persamaan linier dalam bentuk Grafik

Itulah beberapa contoh diatas kita bisa mengambil kesimpulan m atau gradien nya adalah = 0,5 dan b garis yang berwarna merah atau juga disebut dengan titik potong sumbu y nya yaitu = 2

Metode Pengajaran Persamaan Linear

Lalu ada beberapa 4 metode yang dapat dipakai untuk persamaan linier, simak langsung di bawah ini.

  • Metode eliminasi

Pengertian metode eliminasi adalah metode pengajaran sistem persamaan linier dengan cara menghilangkan salah satu perubahanya dengan cara menambahkan atau mengurangi dengan menyamakan koefisien nya yang aka di hilangkan tanpa memperhatikan nilai-nilai positif atapun nilai negatif nya.

Karena apabila perubahan kita hilangkan yang bertanda sama, maka cara untuk meneliminasikan adalah dengan menggunakan sistem operasi pengurangan, dan sebaliknya jika perubahan nya yang akan kita hilangkan yang bertanda beda, maka juga cara mengeliminiasikan nya juga menggunakan operasi penjumlahan.

  • Metode subsitusi

Pengertian dari metode ini adalah suatu metode pengerjaan persamaan linier dengan cara menggantikan salah satu perubahanya dari satu persamaa dengan perubah yang di prolehkan dari persamaan linear yang lainnya.

  • Metode campuran (eliminasi dan subsitusi)

Pengertian dari metode capuran sendiri adalah sebuah metode pengerjaan dengan 2 cara mau eliminasi atau subsitusi bisa menggunakan yang sama tetapi setelah di ketahui dengan nilai itu ke dalam subsitusi atau sebaliknya.

  • Metode grafik

metode grafik
contoh gambar metode grafik

Pengertian metode grafik adalah metode pengerjaan dengan cara menggambarkan 2 garis persamaan pada grafik kartsius, lalu himpunan nya di hasilkan dari titik potong kedua garis tersebut. Perlu kalian ketahui bahwa ketika kalian ingin menggambarkan titik sumbu kartesius harus konsisten dan sama.

Sistem Persamaan Linier Satu Variabel (SPLSV)

Sistem persaman linier satu variabel adalah suatu siste atau rumus matematika dalam menyelesaikan masalah pada kehidupan sehari-hari yang hanya menggunakan satu variabel.
SPLSV merupakan suatu kalimat terbuka yang dihubungkan dengan tanda ( = ) yang hanya di miliki satu variabel berpangkat satu.

Adapun bentuk umum dari persamaan linier satu variabel.

 ax + b = 0

Keterangan : Dengan a serta bilangan bulat buka nol.

Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)

(SPLDV) merupakan dua persamaan linier dua variabel yang mempunyai hubungan diantara keduanya serta mempunyai satu penyelesai yang akan kalian buat.

Rumus umumnya dari sistem persamaan linier dua variabel yaitu;

ax + by = c px + qy = d

 

1. x dan y disebut sebagai variabel
2. a, b, p dan q sebagai koefifien
3. c dan r disebut sebagai konstanta

SPLDV pada umumnya gunakan untuk penyelesaikan masalah sehari-hari yang memerlukan rumus matematika ini.

Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV)

Merupakan bentuk perluasan sari sitem persamanan linier dua variabel (SPLDV). Pada sistem persamaan linier tga variabel terdiri dari tiga persamaan yang masing-masing memiliki persamaan tiga variabel (contoh x, y dan z).

Dengan begitu , bentuk umum dari sistem persamaan linier tiga variabel dalam x, y, dan z dapat dituliskan seperti berikut ini:

ax + by + cz = d a1x + b1y + c1z = d1 ex + fy + gz = h atau s2x + b2y + c2z = d2 ix + jy + kz = l a3x + b3y + c3z = d3

 

– a, e, l, a1, a2, a3 = koefisien dari x
– b, f, j, b1, b2, b3= koefisien dari y
– c, g, k, c1, c2, c3 = koefisien dari z
– d, h, i, d1, d2, d3 = konstanta
– x, y, z =variabel atau perubah

 

Demikian lah sedikit yang kami jelaskan soal persamaan rumus linier, pengertian, dan metode-metode lainya, semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

al muklisin Pencinta olahraga yang memiliki ketertarikan di dunia internet marketing terutama SEO (Search Engine Optimization).

2 Replies to “Pengertian, Materi, dan Rumus Persamaan Linier”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *