al muklisin Pencinta olahraga yang memiliki ketertarikan di dunia internet marketing terutama SEO (Search Engine Optimization).

Menghitung Rumus Fisika Percepatan Gaya

1 min read

percepatan gaya

Muklisin.com – Okeh pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai rumus percepatan gaya, maka sebelum kita mulai kita hrus sudah membaca rumus persamaan linier. Pada kecepatan atau yang ada pada percepatan gaya adalah gaya parpaduan, gaya gesek, gaya usaha dan gaya masa.

Pengertian Gaya

Didalam ilmu fisika, percepatan atau akselerasi adalah suatu perubahan objek yang disebabkan oleh gaya yang berkerja pada objek tersebut.

Percepatan ini sebetulnya ada yang positif dan negatif, kenapa? Karena jika nilai percepatnya itu positif maka hal yang ini berarti otomatis perlu dengan namanya kecepatan. Percepatan positif ini akan bertambah atau lebih cepat.

Namun tidak semuannya begitu jika bernilai negatif maka hal yang harus dilakukan adalah bahwa kecepatan dari suatu benda yang meningkat atau tambah di perlambat.

Kita lihat dalam kehidupan sehari-hari kita bisa melihat contoh dari percepatan yang bernilai positif seperti buah apel yang sudah jatuh dari pohonnya lalu buah apel tersebut di pengarus oleh gaya perubahan. Kemudian untuk contoh dari percepatan negatifnya apa? Ada sebuah mobil yang sedang berjalan malaju sangat kencang lalu ketika mengerem, maka akan terjadi gaya gesek yang bernilai negatif

Hukum 1 Newton menyatakan: Bahwa benda yang tadi kendaraan ketika di rem maak akan mempertahankan keadaannya untuk selalu tetap dan benda yang sedang bergerak lurus beraturan akan membutuhkan mempertahankan keadaannya utntuk bergerak lurus beraturan dan di dalam arah yang sama dengan tidak ada gaya yang sesuai dengan keinginanya.

Hukum 2 Newton menyatakan: Bahwa percepatan benda yang akan memberikan suatu gaya yang sebanding dengan gaya besar dengan dibandingkan terbalik masa dengan massa benda nya.

Rumus Percepatan Gaya

Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang cara menghitung percepatan gaya dan menggonversikan perhitungan percepatan gaya yang akan diambil dari hujum newton

Rumus dalam bentuk hukum 2 Newton :

F = mxa

Maka rumus untuk gaya nya yang melebihi dari satu adalah

percepatan gaya
Keterangan:
– F = gaya (N)
– m = massa benda (kg)
– a = percepatan dari benda (m / s 2 )

Contoh Soal Percepatan Gaya

Jika ada suatu benda yang diberi gaya 20 N, maka benda memiliki percepatan 4m / s2. Maka yang di minta berapakah percepata yang dialami benda tersebut jika benda tersebut yang di beri gaya berjumlah 25 N?

Kuncinya adalah pada kasus ini, massa nya tetap, dan kompilasi di gaya F 1= 20 N, maka benda tersebut langsung meningkatkan percepatan a1 =4 m / s 2, maka massanya benda tersebut adalah:

Jawab:

m = F 1 : a 1 = 20 N: 4 m / s 2 = 5 kg

Dan saat ini di beri gaya F 2 sebesar 25 N, maka percepata n yang ada di benda alami tersebut adalah:

a 2 = F 2 : m 2

= 25 N: 5 kg

= 5 kg di jadikan percepatan maka -> 5 m / s 2

Jadi, yang kita dapatkan dari percepatan dari benda tersebut adalah 5 m / s 2

 

Baca Juga: 

  • Rumus Volume Silinder
  • Rumus Volume Bangun Ruang
al muklisin Pencinta olahraga yang memiliki ketertarikan di dunia internet marketing terutama SEO (Search Engine Optimization).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *