Macam-Macam Jenis Pakan Ayam Petelur

 

Pakan ayam petelur – Jenis ayam petelur ini yang banyak dibudidayakan para pebisnis adalah ayam petelur. Maka tak heran jika banyak pengusaha yang mencari tahu yang mana pakan ayam petelur dan buruk. Karena pakan ayam petelur sangat mempengaruhi kualitas dari telur yang dihasilkan.

Pada mulanya, ayam petelur atau ayam unggas yang diambil dari ayam hutan yang kemudian ditangkap untuk dipelihara agar bisa dijadikan peternak.

Dari sinilah mulai kebanyakan masyarakat yang lebih mengerti tentang jenis-jenis ayam yang memiliki banyak perbedaan pada jenis ayam.

Ada yang memang masyarakat manfaatkan sebagai peternak ayam petelur yang baik dan ada pula ternak ayam yang  sebagai ayam pedaging yang baik. Sementara peternakan ayam petelur memang banyak dikembangkan di berbagai negara tak terkecuali di negara Indonesia.

Kemudian hal yang harus kamu perhatikan lagi yaitu pemberian pakan ayam petelur.

Pemberian Pakan Ayam

 

pemberian pakan ayam petelur
ternakayam.ptnasa.net

Cara memberian pakan ayam petelur supaya menghasilkan telur yang berkualitas, Dan pemberian pakan pada ayam juga merupakan salah satu untuk mencegah dari penyakit.

Dengan pakan yang memiliki kandungan yang tinggi seperti memberikan nutrisi yang baik, maka akan memberikan kekuatan pada tubuh ayam. Sehingga lebih tahan terhadap penyakit.

Untuk pemberian makan Anda harus memisahkan antara ayam petelur dan ayam pedaging, dengan memisahkan seperti ini, pakan ayam kedua ini berbeda.

Dari pada itu Anda perlu memisah kedua jenis ayam tersebut, supaya terjaga makanannya.

Kemudian pada kandang juga kamu bisa memisahkan keduanya, bisa kamu lakukan dengan menyekat kandang menjadi dua.

Penyekatan ini di lakukan karena pakan untuk kedua ayam tersebut berbeda. Pakan ayam pedaging yang mengandung 19-21% yang sesuai, sedangkan pakan ayam petelur 16-17%.

 

Pencegahan Dari Penyakit

 

Untuk mencegah penyakit pada ayam petelur ada 3 cara untuk mecegah dari penyakit yaitu:

1. Vaksinasi

Ini adalah cara mencegah penyakit yaitu dengan vaksinasi untuk memasukkan virus/bakteri ke dalam tubuh ayam, supaya ayam menjadi kebal terhadap virus atau bakteri yang dimasukkan tersebut.

2. Menjaga Sanitasi Kandang

Bertujuan supaya membunuh bibit penyakit yang ada di dalam kandang. Kandang ayam bangkok yang seharusnya di bersihkan setiap hari.

Untuk menjaga dari kotoran dan mencegah dari penyakit, agar penyakit ayam tidak menular kepada yang lainya.

3. Pemberian Vintamin

Pemberian vitamin ini supaya menigkatkan daya tahan tubuh ayam, untuk itu kamu harus memberikan setiap hari dan secukupnya. contohnya pada pergantian musim atau cuaca. Dan juga kamu bisa untuk membeli vitamin untuk anti stress untuk ayam petelur.

Dengan adanya pencegahan dari penyakit dan kamu coba perhatikan lagi pola pakan ayam petelur.

 

Tips Cara Memberi Pakan Ayam Petelur yang Baik

 

pakan ayam petelur
blogserbaneka.blogspot.com

Pada umumnya, pakan ayam petelur ini dibagi menjadi dua jenis yaitu ayam petelur ringan dan ayam petelur medium.

Ayam petelur ringan adalah Anda bisa mengtahui bahwa ayam ini yang memiliki tekstur tubuhyang lebih kecil dan berwarna putih.

Ayam petelur medium adalah ayam petelur yang berwarna putih dan memiliki bobot tubuh yang cukup berat.

Meskipun demikian, ayam ini juga memiliki tubuh yang lebih besar dari ayam pedaging. Seperti yang telah kita tahu bahawa pakan ayam petelur yang sangat penting untuk menghasilkan telur adalah yang berkualitas dan bagus.

Oleh karena itu, berikut ini yang akan kami bahas di bawah ini tentang pakan ayam petelur yang baik supaya menghasilkan kualitas yang baik.

 

Waktu yang Tepat Pemberian Pakan Ayam Petelur

 

Untuk pemberian pakan ayam petelur harus kita berikan pada waktu-waktu yang sesuai dengan usia ayam.

Untuk ayam yang baru berusia tiga minggu pertama, kamu harus sudah siap memberikan pakan pada tingkatan starte yang bisa kamu beli di pasar. Sementara ayam yang berumur 4 hingga 10 minggu dan selanjutnya akan diberikan pakan grower.

Kemudian pada saat umur 10 hingga 20 minggu, maka ayam petelur akan diberikan pakan developer. Selanjutnya, pada saat berumur yang sudah melebihi angka 20 minggu maka ayam akan diberi pakan dengan tingkatan layingmash.

 

Pilih Pakan Yang Baik

 

Banyak orang yang menyangka bahwa semua ayam pada umumnya, bisa makan apapun yang disukai pada lingkungan di sekitar. Padahal, pakan ayam petelur harus khusus dan tidak boleh asal-asalan karena akan berdampak secara langsung pada telur yang dihasilkan.

Untuk jenis pakan ayam petelur mulai dari starter sampai layingmash memang dirancang dan diformulasikan secara khusus sebagai pakan ternak ayam petelur yang baik.

Jika diberikan dengan makanan yang berbeda maka ayam petelur biasanya tidak akan mengkonsumsi makanan yang telsh diberikan tadi.

Dengan begitu, gizi untuk ayam petelur yang harusnya terpenuhi agar mampu menghasilkan telur yang baik jadi berkurang.

Jadi, jangan merasa heran jika hasil nantinya, ayam ternak petelur Anda akan kekurangan gizi dan mengalami penurunan produksi telur dan mati.

 

Bedakan Pakan Ayam Petelur Dengan Ayam Jantan

 

Tips selanjutnya adalah jangan memadukan antara ayam jantan dengan ayam petelur dalam hal pemberian pakan ayam petelur.

Sehingga, kedatangan ayam jantan akan mengurangi jumlah pakan yang harusnya dikonsumsi dengan ayam petelur.

Karena ayam jantan bisa kamu lihat setelah berusia mencapai hingga 6 minggu.

 

Kualitas Pakan Ayam Petelur

 

Kualitas pakan ayam petelur bisa dibedakan menjadi dua bagian yakni fase starter saat ayam berusia 0 hingga 4 minggu.

Lalu fase finisher saat ayam berumur 4 hingga 6 minggu. Dalam pakan telur setidaknya terdapat kualitas zat gizi protein sebanyak 22 hingga dengan 24 persen.

Selain itu, adapula serat kasar sebanyak 4%, lemak sebanyak 2,5%, Phospor (P) sebanyak 0,7-0,9%, Kalsium (Ca) 1%, dan Mesebanyak 2800-3500 Kcal.

 

Kualitas Pakan Ayam Starter

 

Selain memperhatikan dalam masalah kualitas pakan ayam petelur, kuantitas pakan ayam juga harus diperhatikan. Dalam kuantitas pakan, bisa kamu bagi-bagi menjadi 4 golongan yakni pada.

Minggu pertama di umur 1 hingga dengan 7 hari dengan pemberian pakan 17 gram perhari per ekor.

Golongan kedua ada pada minggu kedua dengan umur 8 hingga dengan 14 hari dengan pemberian pakan 43 gram per hari per ekor.

Golongan ketiga adalah minggu ke-3 pada umur 15 hingga dengan 21 hari dengan kuantitas pakan 66 gram per hari per ekor.

 

Kualitas Aakan Ayam Finisher

Sama dengan pakan ayam starter, kualitas pakan ayam finisher juga dapat dibedakan menjadi empat golongan.

Golongan pertama adalah pada minggu ke-5 saat ayam telah berumur 30 hingga dengan 36 hari. Pemberian pakan pada golongan pertama kurang lebih adalah 111 gram per hari per-ekor.

Golongan kedua adalah pada minggu yang ke-6 pada saat ayam petelur telah berumur 37 hingga dengan 43 hari dengan kuantitas pemberian pakan kurang lebih adalah 129 gram dalam per hari per-ekor.

Golongan ketiga adalah pada minggu yang ke-7 pada saat ayam petelur telah umur 44 hingga dengan 50 hari dengan untuk memberian pakan sebanyak 146 gram dalam per hari per-ekor.

Golongan yang keempat adalah pada minggu ke-8 saat ayam telah berumur 51 sampai dengan berumur 57 hari dengan kuantitas sebanyak 161 gram dalam per hari per-ekor.

Setelah dihitung-hitung, total pemberian pakan ayam petelur per ekor saat umumnya 30 sampai dengan 57 hari adalah sebesar 3.829 gram.

Demikianlah yang kami bahas ini mengenai pakan ayam dalam memberikan dan pengenalan  pakan ayam petelur. Selain memberi pakan ayam, Anda juga harus memperhatikan pada kuantitas dan kualitas minum dan yang lainnya yang diberikan pada ayam. Dengan begitu, ayam dapat memberikan telur yang berkualitas tinggi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *