Pakaian Adat Papua | Senjata, Tarian dan Penjelasan

– Negara Indonesia adalah negara yang banyak dan beragam budaya dan adat. Terutama pada pakaian adat Papua, daerah papua yang banyak memiliki berbagai keanekaragaman, berbagai macam adat papua mulai dari rumah adat papua, pakaian, tarian, dan senjata tradisonal.

Ada banyak sekali suku di daerah papua bagian pendalaman yaitu suku asmat, suku biak, suku dani, suku kamoro, dan waropen khas dari warga papua.

Selain makanan khas papua ada juga Pakaian adat papua yang khas pada alam sekitar, membuat daerah papua ini terkenal dengan suku asmat.

Pakaian Adat Papua

 

pakaian adat papua
infobudayaindonesia.com

Pakaian adat papua ini bisa di bedakan menjadi dua yaitu pakaian adat untuk perempuan dan pakaian adat papua untuk pria.

Pakaian ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu pada bagian atas di kepala ada penutupnya, yang terbuat dari daun sagu dan dirajut sampai rapi. Karena pada bagian kepala yang ditambah dengan bulu burung kasuari.

Macam Pakaian Adat Papua

 

  • Pakaian Sali
pakaian sali
munamuna24.blogspot.com

Pakaian adat ini sendiri termasuk pakaian untuk para wanita yang masih lajang atau yang belum menikah. Pakaian in sangat menarik karena bahanya yang terbuat dari kulit pohon.

Jika perempuan yang sudah menikah tidak boleh lagi untuk memakai pakaian yang seperti ini, dan untuk pakaian perempuan yang telah menikah berbeda lagi dengan yang pakaian ini.

  • Pakaian Holim
pakaian holim papua
yougov.com

Pakaian ini meiliki nama lain pasti kamu sudah mengtahui, nama pakaian ini adalah koteka. Untuk bahan dasarnya yaitu yang terbuat dari kulit labu air, mudah juga untuk di buat

Kemudia pakaian Holim ini khusus dipakai untuk para lelaki, pakaian ini berasal dari suku dani, manfaat pakaian ini adalah untuk melakukan kegian sehari-hari.

  • Pakaian Yokal
    pakaian adat papaua yokal
    steemkr.com

 

Pakaian adat papua hanya dapat di pakai pada daerah papua bagian barat, dan pakaian ini juga kebanyakan di pakai oleh perempuan yang sudah keluarga.

Untuk warna pada pakaian ini adalah warna cokelat kemerahan, pakaian ini khusus untuk daerah papua saja dan tidak di perjual belikan. Karena pakaian ini yang menunjukan  pendekatan alam mereka.

Perbedaan Pakaian Pria dan Wanita

 

  • Pakaian adat papua kusus untuk pria

Pakaian pria ini yang cukup unik karena pada bagian bawah atau untuk celananya, yang menggunakan bahan dasar daun sagu. Kemudian di bentuk seperti rok atau celana rumbai-rumbai, supaya menutupi kemaluan.

Untuk bagian atas kepala di hiasi dengan bulu burung kasuari dan daun sagu di bentuk seunik mungkin. Pakaian adat papua ini yang banyak aksesoris pada bagian tubuhnya.

  • Pakaian adat papua untuk perempuan

Pakaian ini sengaja di buat sehalus mungkin dan di tambah dengan motif agar menarik. Untuk warna pakaian ini ada warna coklat gelap dan kemeraha.

Senjata Tradisional Papua Barat

 

senjata tradisonal papua barat
radarkota.com

Senjata tradisonal papua barat ini sangat identik dengan lingkungan alamnya, yang memiliki ciri khas tersendiri.

Kita tahu bahwa senjata tradisonal Indonesia ini masih ada pada zaman yang sudah meodrn saat ini.

Mungkin suatu ketika alat musik papua tradisonal ini akan menjadikan sejarah bagi Indonesia khususnya pada daerah papua.

Selain itu juga kamu bisa mengakses informasi senjata tradisonal ini melalui internet seperti wikipedia atau google atau yang lainnya.

Selanjutnya jika ingin lebih lama membaca anda bisa baca sampai selesai karena alat tradisonal ini lebih penting kamu baca. Berikut ini alat tradisonal papua:

Tombak Papua

 

tomak papua
budayakita.com

Mungkin yang Anda kenal senjata ini hanya di bali sajakan, tombak ini juga banyak yang terdapat di papua karena mereka masih banyak yang menggunakan senjata tradisonal. Yang di gunakan sebagai berburu atau jika ada musuh yang masuk kewilayah mereka.

Tombak ini terbuat dari kayu pada peganganya, sedangkan pada bagian ujungnya terbaut dari tulang dan batu yang tajam.

Busur dan Panah Papua

 

busur dan panak papua
aliexpress.com

Jenis senjata ini memang sangat populer yang banyak digunakan oleh masyarakat papua. Senjata ini yang digunakan sebagai memburu hewan di hutan atau jika ada keributan antara suku lainya, dan sebagai sebjata perang.

Pada busur ini terbuat dari kayu rumai dengan ditambah tali yang dari rotan. Sementara itu anak panahnya yangterbuat dari tulang yang sudah di tajamkan.

Pisau Belati Papua

 

pisau belati papua
papuaerfgoed.org

Pisau belati yang asli dari papua ini sangatlah berbeda dengan bisau yang kita miliki.

Kebanyakan belati yang terbuat dari logam, berbeda dengan pisau dari papua ini yang dibuat dari tulang kaki burung kasuari.

Karena tulang ini memiliki struktur kekuata sehingga mudah untuk di bentuk hingga tajam. pada pegangannya yang di lengkapi dengan hiasa bulu dari burung tersebut.

Kapak Batu Papua

 

kapak batu papua
halindshop.blogspot.com

Pada suku pedalaman di daerah papua yang masih menggunakan batu tajam sebagai alat mata pencarian, dan batu ini di ikatkan dengan kayu yang tidak terlalu panjang.

Kapak ini masih sering untuk di gunakan sebagian kelompok yang berada di pedalaman hutan.

Tarian Tradisonal Papua Barat

 

tarian tradisonal papua barat
vebma.com

Tari Magasa

 

Tari magasa adalah tarian tradisonal yang letak pada papua barat pada suku Arfak. Biasanya tarian ini dilakukan secara bersama-sama dengan para penari pria dan wanita. Merka menari dengan berpasangan dengan menggandeng tangan yang membentuk barisan memanjang.

Dulu tarian Megasa ini adalah salah satu tradisi suku Afrak, yang merupakan suku asli yang lama pada wilayah pergunungan Afrak di Manokwari, Papua barat.

Tarian ini juga memiliki pakaian adat papua yang merka bangakan, tarian ini bertujuan sebagai rasa syukur dan kebahagiaan. Hingga saat ini mereka masih melakukan tarian Megasa sebagai rasa syukur.

Tari Perang

 

Tari ini merupakan tarian tradisonal yang berasal dari daerah papua barat, yang memlambangkan dengan kepahlawanan dan kegagaha dari daerah tersebut.

Tarian ini bisa dibilang tarian grup,atau bisa menjadi tarian kolosoa. Karena tidak di batasi jumlah penari, seperti biasanya tarian ini di iringi dengan musik dan tifa lainya.

Dengan memakai pakaian adat papua, seperti rok yang terbuat dari kulit pohon dan aksesoris yang meanrik, dan bulu burung.

Tari Sajojo

 

Tari sajojo merupakan jenis teri yang gaul dari rakyat papua. Awal mulanya tarian sajojo ini adalah cerita tentang seorang gadis yang cantik sebagai idola para lelaki di kampung.

Kemudian dijadikan lirik lagu sebagai tarian sajojo, sehingga populer nyanyian sajojo dan terian sajojo ini, pada kalangan sekolah, kelompok-kelompok masyarakat, bahkan dijadikan sebagai senam sajojo yang sudah populer pada kalangan saat ini.

Tari Suanggi

 

Tarian ini merupakan sama dengan tarian tradisonal dari papua barat. yang diceritakan tentang seorang suami yang ditinggal mati seorang istri sebagai korban angi-angi (kejadian).

Tari suanggi ini adalah tarian yang menunjukan pada nuansa magis yang dekan dengan daerah mereka.

Kebanyakan tarian di papua yang berkeasn adalah sebagai rtual dan sebagai upacara keagamaan mereka.

Tari Wutukala

 

Tari Wutukala adalah tarian yang berasal dari suku Moy, papua barat. Tarian ini yang menggambarkan bagaimana kegiatan masyarakat Suku Moy yang sebagai menelayan.

Tepatnya di dekat persisir sorong, papua barat, dari dulu rakyat di sana mata pencarian mereka adalah seabagai nelayan di laut.

Kadang mereka menggunakan alat seperti tomak untuk mecari ikan di laut. Namun sekarang mereka sudah menggunakan dengan akar tuba, maka mereka tidak lagi menggunakan alat tersebuat.

Tari Yospan

 

Tarian Yospan adalah tarian tradisoanal yang berasal dari papua barat. Tarian ini tergolong denag tarian persahabatan antara pemuda dan pemudi.

Sedangkan Yosipan atau bisa di sebut denagn Yosim Pancar yang gabungan dari dua tarian yaitu Yosim dan Pancar.

Tari Musyoh

 

Tari Musyoh ini merupakan tarian tradisonal yang berasal dari papua, tarian ini sering diadakan jika terjadi sanak saudara atau warga setempat mengalami kecelakaan atau arwah gentayangan.

Jika kita perhatikan tarian ini mencerminkan bahwa rakyat papua adalah masyarakat yang kuat dan energik.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *