11 Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan Ibu Hamil

 

Manfaat Kurma Muda – kurma adalah salah satu buah yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan ibu hamil, Buah ini juga yang bersal dari Timur Tengah, seperti Mesir, Arab Saudi, dan Sudan. Ternyata kurma muda ini tidak mengandung minyak ketika dimakan.

Tahukan Anda? Bahwa kurma juga dapat tumbuh dan berbuah di daerah tropis seperti di wilayah Indones. Meskipun bentuk kurma yang kecil akan tetapi buah ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan ibu hamil.

Untuk menjaga ibu yang sedang hamil kami prioritaskan untuk mengkomsumsi kurma muda. Supaya menjaga kesehatan janin dan tubuh.

Mengenal Jenis dan Kandungan Kurma Muda

 

manfaat kurma muda
pixabay.com

Ada tiga jenis kurma muda yang terkenal di Indonesia, yaitu sebagai berikut.

  • Kurma muda kuning: Bentuknya yang kecil dan lonjong, seratnya lebih lembut dari pada kurma muda yang merah, dan aromanya juga tidak begitu tajam. Rasanyapun cukup masam karena menggandung vitamin k yang tinggi untuk menghentikan pendarahan seperti luka, banyak digunakan untuk promil dan kesuburan.
  • Kurma muda hijau: Ukuranya hampir sama dengan kurma muda kuning, rasanya seperti sepat-sepat karena hanya menggandung vitamin.
  • Kurma muda merah: Memiliki serat yang tinggi dan rasanya sangat masem karena kandungan khasiatnya banyak. Kurma muda merah banyak digunakan untuk ibu hamil.

Dari ketiga jenis kurma muda tersebut memiliki kandungan yang banyak untuk ibu hamil. Kurma muda bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan, mencegah kolestrol dan mengontrol tekan darah.

Kurma muda juga mengandung zat besi yang memberikan ketebalan dalam tubuh. Zat besi berfungsi untuk menjaga kebutuhan oksogen dalam darah sehingga dapat mengakibatkan munculnya penyakit anemia.

Cara Mengonsumsi Kurma Muda

Sudah pasti banyak orang yang menyukai kurma muda karena untuk promil, saat ini, kurma muda bisa Anda komsumsi dalam berbagai cara. Berikut ini tiga cara mengomsumsi kurma muda.

  • Dimakan Langsung

Untuk mengomsumsi kurma muda cukup dengan dimakan secara langsung. Walaupun buah kurma muda masih belum matang dan tidak akan memberikan efek samping lainnya. Kurma muda juga memiliki kandungan yang dapat memberikan kesuburan janin (uterus) dan kurma muda juga berguna untuk pria supaya meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebaiknya untuk wanita mengonsumsi kurma muda yang berwarna kuning atau hijau. Sedangkan untuk pria sebaiknya untuk mengonsumsi kurma muda yang berwarna merah. Dan ada salah satu sunnah juga makan kurma dengan bilangan ganjil.

  • ¬†Dibuat Jus

Supaya lebih enak kurmanya anda bisa membuat jus kurma muda, dari aneka jenis buah dan sayur.  Lalu tambahkan kurma muda, supaya kaya vitamin anda bisa tambahkan dengan tomat, wortel, dan apel. Jika kurma muda dibuat jus maka rasa sepat dari kurma muda tidak terasa lagi.

  • ¬†DibuburCara mengonsumsi yang ketiga adalah dengan membuat kurma muda menjadi bubur. Anda bisa membuat bubur kurma muda. caranya adalah sama seperti anda membuat bubur ketika masak bubur. Dan campurkan juga bubuk kurma muda ke dalamnya. Atau tambahkan dengan madu asli supaya buburnya tidak pahit.

 

Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan

 

manfaat kurma muda
pixabay.com

Manfaat kurma muda ini sudah terkenal pada zaman dahulu, terutama dalam menyuburkan kandungan dan berbagai penyakt-penyakit lainnya. Namun, penelitian-penelitian modern telah memberikan bukti bahwa manfaat kurma muda juga bisa digunakan untuk menjaga stamina laki-laki dan perempuan.

1. Meningkatkan Kesuburan

Siapa sih yang ingin memiliki keturunan? Tentunya pasangan suami istri pasti menginginkannya. Tetapi, terkadang impian harus menunggu lama agar keinginan terwujud. Karena itu berkaitan dengan kesuburan seseorang yang tingkat kesuburannya yang tinggi, supaya bisa dikaruniai buah hati yang tidak lama.

Nah, buak Anda yang belum tahu tentang khasiat kurma muda supaya meningkatkan kesuburan dan rahim sehat.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat kurma muda juga dapat meningkatkan daya ingat seseorang terutama pada anak-anak. Karena pada masa anak-anak pertumbuhan yang harus dijaga nutrisi yang banyak.

Nah, kurma muda juga merupakan nutrisi yang cukup banyak untuk anak-anak, supaya daya ingat anak semakin kuat. Selain itu, kurma muda juga memiliki rasa yang enak dan disukai anak-anak.

3. Mengoptimalkan System Kerja Jantung

Jantung adalah organ yang terpenting untuk tubuh manusia, oleh karena itu, orang yang banyak peran dalam melakukan hal sesuatu, yakni mengalirkan darah pada seluruh tubuh. Supaya mengoptimalkan sistem kerja jantung, mulai dari sekarang anda harus bisa mengatur pola makan, olahraga dan beristirahat secukupnya.

Atau anda bisa juga untuk mengonsumsi buah tin. Karena buah tin sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk mengoptimalkan kerja jantung. Dengan bergitu darah akan terpompa keseluruh bagian tubuh manusia.

4. Mencegah Kanker Mulut

Buah kurma muda selain dapat mengobati stroke, kurma muda juga dapat mengobati poenyakit kanker mulut, salah satunya sariawan. Jika Anda biarkan maka akan berbahaya dan bisa menjadi kanker mulut.
Untuk mencegahnya Anda dapat mengonsumsi buah kurma muda, atau anda bisa langsung konsumsi saat sariawan.

5. Mencegah Stroke

Stroke adalah penyakit yang dapat menyebabkan bagian tubuh menjadi lempuh. Lumpuh tersebut bisa permanen maupun sementara, tergantung dengan system saraf rusaknya parah atau ringan.

Jangan khawatir penyakit stroke ini bisa diatasi dengan mengonsumsi kurma muda. Karena kurma muda mengandung zat besi yang tinggi, sehingga sangatr baik untuk syaraf otok dan tulang manusia.

6. Menyehatkan Mata

Bukan hanya makan wortel saja yang dapat menyehatkan mata? Karena kandungan vitamin A yang ada dalam buah tin hampir tidak kalah dengan buah wortel. Maka jika anda mengonsumsi buah tin anda akan terhindar dari penyakit mata seperti rabun jarak dekat maupun jauh atau lainya.

Supaya mata anda tetap sehat segera untuk mengonsumsi buah tin dan buah kurma muda.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi ini di sebabkan karena asupan makanan yang kurang baik untuk tubuh, sehingga pembulu darah manusia tidak dapat tekontrolkan lagi dan akan menyebabkan tekanan darah menaik.

Nah, untuk mencegahnya anda cukup makan buah kurma muda.
Tekanan darah tinggi akan stabil jika anda mengonsumsi buah kurma muda secara rutin.

8. Membantu Produksi ASI

Kurma muda juga dapat meningkatkan kesehatan untuk wanita, seperti meningkatkan produksi ASI. Air susu ibu sangat penting untuk anak kecil, apalagi ketika ibu yang baru melahirkan agar tetapn lancar sehingga makanan bayi tercukupi.

Namun jika ASI tersebut terlambat karena kurangnya kebutuhan bayi, maka kebutuhan bayi tidak tercukupi.
Untuk mengatasi hal tersebut anda harus mengonsumsi buah kurma muda tersebut, supaya meningkatkan produksi ASI dan tetapo lancar.

Manfaat Kurma Muda Untuk Ibu Hamil

 

manfaat kurma muda untuk ibu hamil
tokopedia.com

Kurma muda berbagai macam kandungan zat pentignya juga untuk memiliki beberapa khasiat khusus untuk ibu hamil, baikn untuk kesehatan maupun untuk mengatasi gangguan kesehatan.

Menambahkan Energi

Glukosa merupakan kandungan yang terdapat dalam buah kurma muda sekitar 56,34 gram. Oleh sebab itu, buah ini menambahkan energi yang hilang, terutama pada ibu hamil. Karena ibu hamil membutuhkan energi yang banyak untuk tubuhnya.
Jadi buah kurma ini sangat dianjurkan untuk ibu hamil supay mengonsumsi secara rutin, adapaun untuk ibu hamil dengan mengonsumsi kurma muda yang berwarna kuning atau merah.

Merangsang Pertumbuhan Gigi

Selain menambahkan energi, manffat kurma muda juga dapat merangsang pembentukan gigi didalam janin. Janin yang terdapat dalam ibu hamil itu belum memiliki gigi. Tetapi ketika berada didalam janian ibu hamil yang mengonsumsi kurma itu, maka akan membantu janin memiliki gigi dengan baik setelah melahirkan. Karena sudah memiliki tambahan gizi saat berada didalam janin.

Menyembuhkan Infeksi

Kuma juga dapat membantu untuk menyembuhkan infeksi, karena saat ibu hamil melahirkan kemungkinan terkena infeksi. Oleh karena itu untuk mengindari dari infeksi tersebut disarankan untuk mengonsumsi buah kurma muda.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *