15 Makanan Khas Papua Yang Perlu Kamu Coba

Makanan khas papua adalah makanan yang bahanya terbuat dari bahan sagu. Untuk belum pernah makan, pasti menganggap rasanya yang aneh. Padahal bagi mereka pasti menjadi makanan khas papua.

Papua merupakan pulau yang terletak pada wilayah bagian timur yang luasnya sampai 820 ribu km2. Wilayah ini termasuk wisata yang paling baik dengan kondisi yang nyaman dan alamnya yang indah.

Selain itu juga ada pakaian adat papua memiliki keberagaman alam dan budaya yang baik di jadikan sebagai pusat wisata. Tak hanya itu saja di sana juga ada banyak santapan makana dan oleh-oleh yang sangat mengagumkan. Karena makanan pokok papua adalah makanan sagu.

Di samping itu ada pula yang mungkin kita belum mengtahuinya, walaupun memakai bahan sagu, mungkin rasanya juga tidak kalah dengan makan lainya. Coba kamu perhatikan di bawah ini yang harus kamu baca, supaya lebih tahu.

Macam-Macam Makanan Khas Papua

 

Di papua yang paling terkenal dengan keindahanya dan alat musik papua, yang sering kamu dengar yaitu Raja empat, yang merupakan tempat wisata untuk kamu kunjungi.

Kalau kamu berkunjung ketempat Raja Empat, jika tidak mencoba makanan khas papua yang menjadi khas dari daerah papua.

Bahkan di derah papua yang terkenal lainya adalah rumah adat papua, kalu kamu penasaran langsung saja di baca rumah adat papua.

 

ikan bakar manokwari
bisnisbandung.com

Makanan ini bahan dasarnya adalah ikan tongkol dan di tambah dengan yang lainya. Jika ingin yang lebih unik lagi yaitu di tambah dengan menggunakan bumbu kecap, dan di lumuri jeruk nipis, lalu di bakar.

Setelah itu, di letakan pada piring untuk di sajikan dan di lumuri dengan bumbu pada bagian atasnya.

Di wilayah Manokwari makanan ini yang terkenal dengan pedas, karena dengan cabai yang khusus di ambil dari kota Injil.

Makanan Papeda

 

papeda
bello.id

Makanan papeda adalah makanan yang banyak digemari masyarakat papua yang pasti bahan utamanya sagu. Makanan ini sama dengan bubur yang berkuah kuning.

Tidak hanya itu saja makanan papeda bisa di hidangkan dengan kuah bening dan ikan kembung atau papeda bakar yang di tambah dengan kelapa tua mentah.

Di samping itu juga, cara memakan papeda ini cukup unik, karena memanfaatkan gata-gata atau tusukan yang terbuat dari bambu supaya bisa mengambil papeda yang lezat.

Masakan Ikan Bungkus

ikan bungkus
resepnusantara.id

Seperti makanan yang lain, makanan ini yang khas dengan ikan di bumbui dan di bungkus. Hampir sama dengan pepes ikan yang biasa kita makan tapi hanya saja berbedanya dengan menggunakan daun talas.

Ikan yang dipilih sesuai selera kita, karena proses pemasakan ini cukup mudah, seperti memasak pepes pada umumnya, yang di berikan bumbu rempah dan garam.

Supaya membersikan rasa yang asin dan untuk menghilangkan bauk amis pada ikan. Kemudian di bakar dengan api yang kecil hingga matang.

Makanan Sate Ulat Sagu

 

ulat sagu
kitchensetidaman.com

Jika melihat saja pasti kita merasa jijik, karena kita belum meraskan. Sate anti-mainstream yang dari ulat sagu sama halnya daging ayam dan kambing yang di sate.

Di daerah justru memakai bahan yang ekstream dari ulat sagu, atau juga sering di sebut pada daerah papua yakni ulat koo.

Makanan ini banyak yang mengandung gizi dan menambah energi. Dan di dalamnya terdapat kandungan protein yang cukup tinggi yaitu asam glutamat, lisin, asam aspartat, tirosin, dan methionin.

Biasanya hewan ini langsung di makan langsung dari pohonnya. Jika Anda tidak berani mencobanya, bisa diolah menjadi sate ulat sagu.

Makanan Abon Gulung

 

abon gulung
food.detik.com

Kota sorong ada sebuah makanan yang sudah terkenal oleh masyarakat Indonesai yaitu abon gulung. hampir mirip dengan roti roti gulung. makanan ini sudah cukup terkenal pada kota Minyak dengan ukuran yang lebih besar.

Makanan ini berbentuk lonjong dan bulat denagn warna kecoklatan yang di taburi dengan wijen untuk memperindah. Jika kamu ingin membeli makanan ini kamu bisa mendapatkan di toko kue atau tempat oleh-oleh di kota sorong.

Makanan Kue Lontar 

 

kue lontar
homemadebychwin.blogspot.com

Sepertinya, Anda biasa membuat sendiri di rumah karena bahannya seperti martabak. Makanan ini sudah sebagai ciri khas papua, yang banyak di minati oleh para penggunjung.

Pada zaman dulu kue lontar ini di bawa oleh penjajah Belanda, dulu namanya yang di ambil dari tanaman yang disebut rontart, tapi karena sulit menyebutnya maka di ganti menjadi kue lontar.

Makanan Aunuve Habre

 

Aunuve-Habre
doripos.com

Seperti yang kita kenal, masakan yang dari papua ini yang di buat sangat sederhan tapi rasanya sangat lezat. Aunnuve habree ini merupakan hidangan yang siap santap.

Karena namanya yang asing tersebuat dari luar negeri, padah aresepnya dari papua.

Bahan utama makanan ini adalah ikan cakalang, awalnya memakai daun talas yang direbus sampai matang, lalu di beri bumbu garam dan asam jawa.

Makanan Martabak Sagu

 

martabak sagu
teropongnews.com

Makaan martabak ini merupakan makanan dari Arab, Malaysia, Singapura serta Indonesia. Biasanya martabak ini terbuat dari tepung atau yang lainnya dan memiliki rasa manis. Sedangkan di daerah papua memakai bahan sagu, yang umumnya makanan ini untuk para tamu.

Untuk pembuatanya cukup mudah, hanya haluskan bumbu utama lalu digoreng, kemudia dicampur dengan gula jawa atau gula aren. Untuk raasanya manis dan gurih.

Makanan Aunu Senebre

 

aunu senebre
merahputih.com

Nah sekarang makanan yang unik, yang sama seperti makanan tradisonal lainnya. Dapat membuat orang penasaran dengan olahan makanan ini yang istimewa.

Sama seperti makanan pokok lainnya dari bahan yang sederhana, yakni nasi, ikan teri, campuran daun talas dan di tambah dengan parutan kelapa muda.

Masakan Cacing Laut

 

cacing laut
singgahi.com

Sama halnya dengan makanan sate ulat sagu, hanya saja berbeda cara memasak dan berkuag juga. Cacing laut ini sudah menjadi makanan khas papua yang merupakan makanan yang sedap dan lezat.

Bahkan mereka menyajikan makanan ini pada acara pameran budaya Raja Empat, yang di goreng, lalu dibumbui dengan sambel balado atau di jadikan sate.

Akan tetapi makanan ini memiliki banyak minyak yang dapat menyebabkan naiknya berat badan, untuk mengantisipasi berat badan, Anda tinggal mengonsumsi minuman pelangsing perut. Silahkan kunjungi glumoryslim

Makanan Sagu Lempengsagu lempeng

pelangiweb.blogspot.comSagu lempeng ini yang dimasak dengan menggunakan cetakan, cara membuatnya di ayak terlebih dahulu dua kali atau tiga kali sampai menghasilkan tepung yang halus.

Makanan khas papua ini memiliki bentuk persegi panjang dan berwarna kecoklatan yang lemayan keras, karena terbuat dari tepung sagu yang di cetak dengan besi lalu di bakar.

Makanan Keripik Keladi

 

keripik keladi
pelangiweb.blogspot.com

Makanan khas papau yang selanjutnya adalah terbuat dari keladi, yakni sejenis umbi yang menjadikan cita rasa guri, manis, dan pedas.

Sekarang rasanya sudah banyak, supaya orang tidak bosan untuk menikmati keripik ini. Keripik keladi banyak di jual di pinggir jalan atau di toko.

Masakan Sambel Colo-Colo

 

sambel colo-colo
elrajab.com

Makanan selanjutnya adalah colo-colo, semacam sambel yang memiliki rasa pedas luar biasa. Biasanya makanan ini di gunakan untuk makan siang dan malam hari.

Sebenernya makanan ini berasal dari daerah Ambon dan Manado, lalu menyebar ke daerah papua yang sekarang sudah menjadi makanan khas papua.

Makanan ini memiliki rasa yang sangat ekstra pedas, di tambah dengan rasa masam dari daun jeruk nipis sehingga menjadikan masakan yang menyegarkan.

Makanan Petatas

 

petatas
es.123rf.com

Pasti kita sudah kenal dengan makanan ini atau disebut dengan ubi jalar, petatas ini menjadikan mkanan khas Papua yang banyak di jadikan sebagai makanan pokok masyarakat Papua.

Karena di daerah mereka dekat dengan pergunungan sehingga tidak bisa untuk menanami padi, sehingga makanan pokok merka adalah ubi jalar.

Makanan Sarang Semut

 

sarang semut
ghozalimahmud.wordpress.com

Mungkin, sudah ada yang kenal dengan sarang semut ini, jadi sarang semut di papua telah menjadi terkenal di luar negeri. Sarang ini terbuat dari tanah yang memiliki ukurang yang besar.

Di samping itu juga sarang semut ini menjadi obat untuk segala penyakit yakni [enyakit asam urat, rematik TBC, tumor dan kanker.

Masakan Udang Selingkuh

 

udang selingkuh
restaurant.com

Makanan khas papua yang terakhir adalah makanan udang selingkuh yang namanya cukup unik, nama selingkuh di ambil dari bentuk dan ukuran capit uadang.

Udang ini bernama Cherax albertisi yang berbeda dengan jenis undang yang lain, sehingga masyarakat memeberikan nama khusus. Makanan ini diolah dengan direbus dan digoreng, yang di tambah dengan bumbu saus tiram, saus padang, dan mentega.

Akan tetapi jika banyak mengonsumsi makan ini berat badan Anda akan naik, nah untuk mengatasi berat badan anda turun, untuk mengonsumsi glumoryslim supaya berat badan anda berkurang.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *