Traveling Ke Kebun Raya Cibodas

Siapa yang tidak tahu kebun raya di Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Pada saat itu saya sedang  menuntut ilmu di sebuah mahad di Cibeurem, Cianjur. Ketika itu pas liburan semester, kami pun mencari rencana untuk berlibur bersama dengan para guru-guru dan teman-teman.

Karena waktu itu kami di beri pilihan untuk berlibur di mana, pilihannya adalah kebun raya, mendaki, kebun binatang dan makan-makan.

Setelah itu, kami menghitung apa yang telah di pilahan teman-teman. Dan akhirnya Karena banyak yang memilih pergi ke kebun raya cibodas, sepakat semuanya pergi ke kebun raya.

Kemudian kami bergegas mempersiapan barang-barang yang akan di bawa. Kami menyewa mobil angkot, karena cukup banyak yang pergi jadi kami menyewa 4 mobil angkot, dan Pergi mulai jam 08.00 ,pagi itu sudah siap semua mulai dari barang atau sejenisnya.

Adapun agenda-agenda yang kami buat untuk mengisi liburan di kebun raya yaitu lomba yel-yel, lomba voli dengan balon air menggunakan kain sarung, dan bermain bola. Tentunya berfoto-foto yang tidak terlupakan. Langsung saja kami berangkat, tempatnya juga lumayan jauh. Di jalan kami melihat-lihat kota Cianjur yang terkenal dengan makanan khasnya.

Akhirnya sampai di kebun raya Cibodas, kami merasakan cuacanya yang dingin. Karena tempatnya yang berada di ketingian dan banyak perbukitan yang di selimuti dengan awan-awan yang indah. Setelah itu, kami membeli tiket masuk, hanya membayar 9.500 rupiah, untuk parkir roda empat 5000 ribu.

Menuju Kebun Raya

https://pixabay.com

Mulai dari mahad star sampai menuju di kebun raya Cibodas, selang berapa menit akhirnya rombngan sampai di kebun raya, cuacanya juga mendukung untuk berlibur. Keadan alamnya juga berkesan ramah dan pemandangan alam yang menyejukkan. Dan memiliki air terjun yang indah sehinga kami merasa, yang tadinya banyak beban pikiran karena memikirkan pelajaran di mahad.

Terasa tenag dan anyak pohon-pohon yang umurnya sudah tua, di tambah lagi dengan suara air terjun. Di kebun raya ini memiliki 2 tempat wisata air terjun yaiitu air terjun Curug Ciismun dan Curug Cibogo.

Tempat ini juga jika kamu banyak beban pikiran mendingan kamu berlibur di kebun raya Cibodas karena bisa untuk merefleskan pikiran dan menenangkan diri. Di tambah lagi pemandangan yang indah berdekatan dengan taman nasional gunung gede pangrango.

Dengan kamu berlibur di kebun raya kamu bisa menambah pengtahuan baru mengenai tanaman dan perpohonan, berikut ini adalah rumah kaca di dalamnya memiliki beberapa jenis-jenis tumbuhan yang bisa kamu lihat.

Rumah Kaca

https://unsplash.com

Sebagai tempat observasi, tentulah kamu suka dengan berbagai jenis tanaman yang berbeda-beda, rumah kaca ini di gunakan untuk melindungi jenis tumbuhan. Seperti pohon anggrek, kaktus, dan beragam jenis tanaman lainya.

Rumah kaca tersebut hanya menampung 4000 koleksi tanaman yaitu 360 jenis anggrek dan 350 jenis kaktus, serta berbagi tanaman yang bervarian lainya.

Curug Ciismun

https://unsplash.com

Curug Ciismun ini memiliki ketinggian 25 m, dengan luas air terjun 5 m, jika kamu ingin mengujungi ke tempat air terjun ini. Tempat nya juga lumayan jauh sekitar 2 km, jika kamu berjalan karena jalanya nggak begitu bagus. Namun sebelum menuju ke Curug Ciismun kamu harus siap dengan ekstera dan fisik yang kuat.

Karena Curug Ciismun ini adalah tempat yang paling jauh, jadi kami pergi yang lebih jauh yang dahulu, dan sebelumnya ada juga Curug Cibogo. Cukup menyenagkan juga pastinya tidak sia-sia kalau kamu pergi ke Curung Ciismun.

Curug Cibogo

https://www.pexels.com

Selanjutnya, kami melanjutkan ke tempat Curug Cibogo. Ternyata tidak perlu kembali ke jalan sebelunya, karena ada jalan yang mengikuti aliran sungai yang melewati pintu masuk no.3 dan terus saja melewati perbukitan, sampai melewati beberapa perpohonan.

Air terjun ini tidak sederas dengan air terjun yang di curug cibogo, karena ketingianya hanya 11 m dan tempatnya nggak jauh dari jalan masuk. Pada bagian atas telah di bangun aliran air terjun agar supaya menarik. Sedangkan pada bagian bawah di buat seperti kolam kecil untuk penampungan air.

Taman Kebun Raya Cibodas

Ada beberapa taman yang ada di kebun raya Cibodas ini, tetapai taman yang berada di kebun raya sangat unik untuk di jadikan objek wisata, terutama yang suka berfoto-foto. Berikut ini adalah taman yang ada di kebun raya.

  • Taman Sakura

    https://www.pexels.com

Kamu jangan jauh-jauh untuk mencari bunga sakura ke negara jepang, karena di indonesia sudah banyak bunga sakura. Terutama bunga sakura yang ada di kebun raya Cibodas. Kamu pasti penasaran kan dengan bunga yang satu ini. Dan kebanyakan para wisata yang mengunjungi ke taman sakura, karena jenis tanaman ini sagat di minati oleh kaum wanita.

Ada juga rumah sakura yang menyajikan pemandangan seperti di Jepang, pada hal bunga sakura ini hanya bisa hidup di 4 musim. Tapi di kebun raya ini bunga dapat tumbuh subur, karena di sebabkan letak kebun raya di ketinggian 1400 m dari permukaan laut.

Sehingga bunga ini sangat cocok untuk tanaman sejenis sakura, kalau di Jepang bunga sakura hanya berbunga setahun sekali pada bulan april. Tapi kalau di kawasan yang teropis justru berbunga dua kali setahun yaitu pada bulan januari dan febuari.

Jadi kalau kamu ingin mengunjungi bunga sakura, datanglah pada bula januari-febuari, yang kedua pada bulan juli-agustus. Bunga sakura yang ada di kebun raya hanya ada 7 jenis bunga sakura yang bisa tumbuh di daerah yang tropis.

  • Taman Rhododendron

    https://pixabay.com

Rhododendron atau yang lebih di kenal dengan tumbuhan Azalea yang memiliki taman tersendiri Dengan luasnya 5000 m, yang menampung bebearapa tanaman di daerah maupun di negara lain. Ada 3 jenis tanaman Rhododendron, yaitu Rhododendron javanicum dari Jawa, Rhododendron macgregoriae dari Papua dan Rhododendro mucronatum dari Jepang.

  • Taman Liana

    https://pixabay.com

Taman ini belum lama baru di resmikan, taman ini merupakan taman yang luasnya 1200 m. Taman ini di penuhi dengan koleksi taman liana, seperti sejenis tumbuhan yang merambat di perpohonan, agar mendapatkan sinar matahari.

Terapi akarnya yang berada di dalam tanah sebagi sarana mendapatkan, tumbuhan lina ini biasanya di gunakan sebagai hiasan atau berteduh pada siang hari.

Jenis tanaman ini yang berada di taman liana terdiri dari 24 suku, 23 marga, 30 jenis dan yang lainnya masih berstatus spesimen. Tanaman ini di eksportasi dari berbagai daerah di indonesia seperti Lampung, Jambi, Aceh, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Tengah.

  • Taman Lumut

    https://pixabay.com

Taman ini baru di buka pada tahun 2006, taman yang luasnya 1500 m, ini di buat sesuai dengan tempat lumut di alam yaitu pada batang pohon, tanah, batu-batuan dan buatan sendiri. Di sekitarnya juga diberi pohon supaya rindang untuk memberikan ke lembapan yang sesuai hidup tanaman lumut.

Sebagian besar tanaman lumut ini berasal di sekitar kebun raya Cibodas, Sampai saat ini koleksi jenis tumbuhan ini sekitar 134 jenis tanaman lumut.

Piknik Di Cibodas

Kebun raya ini juga memiliki tempat untuk kamu beristirahat, kebun raya Cibodas menawarkan fasilitas lain untuk di nikmati bagi para pengunjung yang datangnya rombongan. Kegiatan seperti bersantai dan piknik, selain itu kebun ini memiliki beragam tanaman, mulai dari tanaman boat-obatan, perpohonan yang di ambil dari luar jawa, dan bunga aggerk. Di tambah lagi dengan bunga sakura, itupun jika kamu datang ketika musim berbunga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *