Mengisi Hari Liburan Ke Kebun Binatang di Yogyakarta

https://www.pexels.com

Siapa yang sudah pergi ke kebun biatang Gembira loka di Jogyakarta? Yuk yang belum tau tentang kebun binatang yang ada di daerah Jogyakrata. Kebun binatang ini sangat cocok untuk jalan-jalan bersama keluarga terutama yang memiliki anak kecil dan berjalan santai.

Saya dan teman-teman ingin menggunjungi kebun binatang yang ada di Yogyakarta. Akhirnya kami sepakat untuk pergi ke kebun binatang Gembira loka, ketika datang hari libur kami pun pergi dengan menaiki bus trans jogja, karena cukup murah harganya di bandingkan dengan yang kendaraan lain.

Setelah samapai di tempat kami berjalan menuju ke pintu masuk untuk membeli tiket, harga tiket waktu itu 25.000 ribu. Selesai membeli tiket, saatnya untuk melangkahkan kaki menuju kebun binatang. Lalu kami di beri oleh petugas pamflet peta yang berisi mengenai arahan dan petunjuk jalan untuk memudahkan jika para pengunjung yang sesat.

Meski kami datangnya yang ke siangan ternyata di sana juga nggak terlalu panas lho, hal ini karena banyaknya perpohonan yang banyak, karena luasnya 20 hektar.

Fasilitas Di Gembira Loka

kebun binatang
https://maknyusyami.blogspot.com

Kawasan di daerah kebun bintang Gembir loka ini sudah menyediakan fasilitas yang komplit dan juga lengkap. Selain fasilitas umum seperti musholla, area parkir dan toilet. Di sini juga kamu bisa menaiki perahu katamaran, kamu akan di ajak jalan-jalan mengliling danau buatan.

Fasilitas skuter air juga bisa kamu coba, untuk anak kecil juga aman di pakai, bagi para pengunjung jangan lupa untuk membawa anak-anak. Area kolam tangkap bisa menjadi salah satu tempat menyenangkan bagi anak-anak. Kolam yang memiliki kedalam 30 cm, pas buat anak untuk bermain-main di air.

Selain permainan anak-anak tentu saja taman satwa ini tidak boleh ke tinggalan, ketika menggunjungi wisata Gembira loka. Sementara museum zoo menjadi salah satu wisata yang konservasi di kebun binatang ini. Di sini para penggujung bisa mendapat informasi dan juga pengtahuan menggenai sejarah hewan.

Kebun botani menjadai area konservasi untuk bisa di kunjungi, di sini para pengunjung bisa menambah pengtahuan dan juga edukasi sebagai wawasan mengenai dunia flora yang sangat penting untuk bioteknologi, penelitian, cadangan ginetik, budidaya dan pendidikan. Semua tersaji lengkap di kebun botani ini.

Di kebun batoni ini juga tersedia herbarium, di sini terdapat beberapa jenis tanaman mati yang bisa di gunakan untuk penelitian dan juga sarana pendidikan bagi para penggunjung.

Banyak Koleksi Beragam Macam Binatang

kebun binatang
https://pixabay.com

Ada banyak jenis spesies binatang yang bisa kamu temui di kebun binatang gembira loka, dari yang tinggal di daratan, perairan dan udara. Dan juga mulai binatang buas maupun biatang yang jinak, bisa kamu kunjungi. Asiknya lagi binatang bisa di ajak berfoto, bermain bareng dan memberi makan yang telah di persiapkan oleh petugas.

Kami mulai mengikuti dari petunjuk yang ada di peta, dari masuk pintu sampai keluar pintu. Yang tak mungkin kamu tidak berfoto-foto di kebun binatang. Saya akan membagi-bagi beberapa macam yang bisa kamu kunjungi.

Hewan Tunggangan

kebun binatang
https://pixabay.com

Ada gajah dan unta yang bisa kamu tunggangi, jika anda ingin menaiki kamu harus mengluarkan uang 10.000 ribu. Gajah yang di jadikan tunggangan ini adalah gajah sumatra karena masih banyak gajah sumatra yang di jadikan sebagai tunggangan.

Yang lebih asik lagi adalah menunggangi unta, tapi hanya untuk 2 orang saja karena unta termasuk hewan yang sangat jarang di Indonesia, jadianyak orang yang ingin menunggangi.

Bird Park

kebun binatang
https://pixabay.com

Menurut saya wahana ini sangat menarik perhatian saya, koleksi burung-burung nya juga banyak karena di negara kita tempat tropis sehinga banyak spesies burung yang unik. Kita juga bisa berfoto dengan burung yang sudah jiak seperti burung nuri.

Hewan Latihan

Tontonan hewan merupakan jenis hiburan klasik yang biasa di tempat-tempat wisata kebun binatang. Sehingga anjing laut, singa laut, beruang madu orang hutan dan hamster. Sehingga para pengunjung merasa puas dengan penampilan hewan yang saling bermain-main.

Atraksi Air

kebun bintang
https://pixabay.com

Tepat di tengah kebun binatang ada semacam danau buatan yang untuk bermain speed bort dan mainan banana bord, di pingir danau ada tempat duduk ada juga tempat duduk yang menggunakan perahu katamaram sambil menikmati sepoi-sepoi angin yang di danau ini.

Ada pilihan lain jika kamu ingin menaiki sepedah genjot, sepedah bebek genjot, dan untuk harga tiket kamu hanya mengluarkan 15 ribu saja untuk 2 orang. Tapi harus kamu harus menggoes untuk berkeliling di danau, sambil menikmati beberapa binatang yang ada di pingir danau.

Memberi Makan Hewan

 

kebun binatang
https://pixabay.com

Binatag ini adalah binatang yang hidup di daratan seperti sapi, kuda, banteng, rusa dan kijang  yang di perbolehkan untuk memberi makan yang berada di luar kandang karena hewan ini termasuk hewan yang galak.

Kemudian kami berjalan-jalan menuju tempat binatang yang terkenal dengan binatang buas seperti binatang singa, ular, buaya dan masih banyak hewan yang belum saya sebutkan. Karena binatang-binatang ini di pagar dengan yang sangat rapat dan hanya di perbolehkan untuk melihat dari luar pagar.

Foto Bareng

Ingin berfoto bareng dengan ular? Kamu bisa berfoto dengan ular boa yang suka menglilingi tubuh atau kamu bisa berfoto dengan iguanan dan kura-kura. Jangan kuatir, untuk anak kecil karena  semua binatang jinak dan di tunggui dengan para penjaganya. Untuk berfoto dengan ular kamu bisa membayar 15.000 ribu dan foto bisa langsung di cetak.

Kalau kamu berfoto dengan iguana bayar seikhlas nya saja, begitu juga dengan kura-kura kamu bisa bermain dan berfoto bareng.

Piknik

kebun binatang
https://pixabay.com

Secara keseluruhan, kondisi kebun binatang Gembira loka ini cukup nyaman, koleksi hewan yang nyaman. Kecuali hewan jerapah tidak ada karena sudah mati 3 tahun lalu dan di Gembira loka ini belum ada jerapah yang baru. Kebersihan nya juga cukup lumayan enak dilihat, banyak tong sampah yang diletakan dipingir jalan dan toilet nya juga cukup bersih.

Hanya saja di larang untuk merokok di area Gembira loka, kalau kamu melihat orang yang merokok harap di laporkan saja kepada para petugas. Agar udara di kebun binatang ini bebas dari asap rokok, dan tidak menggangu pencemaran udara.

Buat para perokok kamu bisa pergi ke tempat kafe di danau buatan, dan juga tempat nya besar mayang tirta. Sekalian makan siang bareng, yang di tawarkan makanan di sana mulai makanan ringan. Harga yang relaktif terjangkau, sporsi nasi putuh hangat, agam goreng plus lalapan serta sambel, harga 17.00 ribu. Jus buah harga 18.000 ribu.

Kalau mau lebih hemat lagi bawa bekal sendiri dari rumah dan juga bawa tikar untuk piknik yang ada sekitar halte, yang dekat dengan danau buatan.

Hunting Foto

kebun binatang
https://pixabay.com

Hewan-hewan yang ada di Gembira loka ini bisa menjadi santapan bagi pemburu kamera untuk mengambil gambar-gambar. Hewan orang hutan ini yang sudah siap berpose, unta yang sedang mengunyah makanan, burung-burung cantik bird yang siap kamu jeprat-jepret. Dan harimau putih bisa kamu jadikan objek kamera kamu.

Selamat berliburan ke kebun binatang…

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *