Contoh Kandang Bebek Petelur Untuk Pemula

Kandang bebek petelur – Sebelumnya sudah pernah buat kandang bebek belum dan bagaimana perkembangannya? Oke kami akan memberikan beberapa contoh kandang bebek yang menurut kalian cocok untuk di tiru.

Untuk itu kandang bebek harus lebih sering di perhatikan dari berbagai serangan seperti ular, biawak, dan jenis hama lainya. Selain itu kandang harus dibuat senyaman mungkin dari serangan penyakit.

Baiklah saya akan memberikan beberapa contoh kandang bebek petelur untuk para peternak bebek supaya dapat menjadi lebih baik.

Kandang Tipe Baterai

 

kandang tipe bateai
tips-panduan-lengkap.blogspot.com

Untuk kandang baterai ini merupakan tempat yang khusus hanya 1 ekor bebek dalam satu kandang. Tidak banyak para peternak bebek memakai kandang seperti ini karena jenis kandang ini paling mahal dari pada jenis kandang yang lainnya.

Ukuran

 

Untuk unkuran kandangnya sekitar 45x45x35 cm atau bisa lebih besar tergantung pemiliknya, yang hanya dalam satu baris kandang baterai. Bahan yang digunakana adalah kawat atau dengan belahan bambu yang kering.

Kapasitas

 

Kandang ini hanya bisa menampung 1 ekor bebek yang sudah dewasa, jika terlalu banyak bebek maka akan tidak maksimal untuk telurnya.

Kandang Tipe Postel

 

Kandang tipe postel
sekolahpeternakan.blogspot.com

Kandang postel ini hampir sama dengan kandang ranch karena bisa menampung banyak bebek dalam satu kandang. Hanya saja yang berbeda dari kandang ini adalah bisa menampung bebek yang lebih banyak dari kandang ranch. Kandang yang seperti ini lebih cocok untuk ternak bebek pedaging.

Ukuran

 

Untuk ukuran kandang ini bisa diisi lebih dari ribuan ekor bebek asalkan ada tempat makan, minuman dan tempat untuk mandi bebek karena bebek lebih suka dengan air.

Kapasitas

 

Kapasitas yang bisa ditampung dari kandang ini bisa menampung ratusan bahkan ribuan ekor bebek petelur supaya lebih mudah untuk memberikan makanan dan minuman dalam 1 kandang.

Kandang Tipe Ranch

 

 

Kandang Tipe Ranch
Kandang Tipe Ranch

Kandang ranch ini merupakan jenis kandang yang paling banyak digunakan oleh para peternak bebek.

Kandang seperti ini akan membutuhkan banyak lahan yang luas di bandingkan dengan kandang baterai dan postal.

Para peternak juga akan memberikan tempat makan, untuk minum serta dibuatkan perairan yang ada airnya karena bebekan sukanya di air jadi harus ada tempat untuk mandi bebek. Karena itu harus membutuhkan lahan yang cukup luas.

Untuk itu membuat kandang yang penting memenuhi syarat ekonomis artinya tidak harus menggunakan bahan yang mahal akan tapi kita harus memenuhi syarat perkandangan.

Itulah tiga jenis kandang bebek yang idealnya berternak, tinggal pilih jenis kandang yang mana lebih cocok untuk memulai usaha ternak bebek

Tipe Kandang dalam Keadaan

 

Kandang ini dibuat untuk menjadikan bebek lebih suka dengan daratan dan di perairan tetapi banyak bebek yang suka bermain di tempat air jika sedang kelaparan.

Kandang Bebek Basah

 

Kandang basah ini artinya kandang terdapat tempat yang khusus buat bebek yang di berikan kolam untuk beraktifitas mandi, berenag, dan bermainan.

Sistem kandang basah sangat yang baik untuk proses masa perkembangan bebek untuk ditetaskan. Sehingga kandang basah ini jaraknya antara kandang dengan lokasi kurang lebih 2-3 m. Supaya kandnag tidak terlalu basah ketikamasuk setelah melakukan kegiatan di tempat air.

Kandang Bebek Kering

 

Jenis kandang kering ini bebek tidak bisa beraktifitas terhadap air, hanya sekedar untuk minum dan cuci muka. Jadi kandang kering ini hanya digunakan memproduksi telur. Sehingga dapat menghasilkan telur yang berkualitas.

Kelebihanya dari tipe kandang ini adalah aroma bau kotoran bebek dapat dibersihkan lebih mudah.

Kandang Bebek Petelur Modern

 

Seorang peternak atau pengusaha ternak bebek yang pertama kali harus kita ketahui adalah modal awal usaha ternak bebek petelur. Karena hal ini cukup penting untuk mengetahui untung dan rugi dalam berternak bebek.

Harus kita hitung lebih jelas lagi seperti harga pakan, pemeliharaan, kandang dan lainnya, Semakin bagus bahan yang kita buat kandang modern, maka pengluaranya juga akan bertambah.

Contoh kandang bebek petelur yang baik adalah bagaimana kandang tersebut memenuhi beberapa syarat supaya bebek tidak teracam dengan keberadaannya. Berikut akan saya jelaskan mengenai syarat kandang bebek petelur di bawah ini.

Syarat Kandang Petelur

 

Lokasi Kandang

 

Untuk lokasi kandang idealnya yang jauh dari perumahan atau keramaian agar tidak menggangu masyarakat setempat, mudah dijangkau oleh trasportasi baik untuk panangkutan atau pengecekan, tidak jaudari perairan yang bersih serta terjangkau dari prasarana. Aman dari binatang penggangu yang bisa membahayakan bebek seperti ular, biawak dan hewan lainnya.

Bangunan Kandang

 

Luas kandang, buatalah luas kandang yang mudah untuk memberikan pakan bebek fungsinya agar tidak sulit untuk memberikan makanan kepada bebek, sehingga bebek lebih nyaman dan bisa menghasilkan telur yang efektif.

Ukuran kandang, bisa di buat seperti sekat kandang tujuanya untuk lebih memeperhatikan kerapatan kandang. Makasimal kerapatan kandang 4 ekor/m2 ata juga bisa satu kelompok ada 50 ekor pada masa produktif. Kemudaian pada tinggi kandang bisa 2 m, supaya tidak terlalu sulit untuk pengecekan.

Demikian yang dapat kami sampaikan semoga dapat di praktekan langsung dan semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *