13 Macam Kandang Ayam Bagkok

Kandang Ayam Bangkok – Sahabat sobat, Ada yang pernah membuat kandang ayam bangkok? Pas sudahkan, tapi bagi para pengusaha ayam bangkok. Bener nggak sob.

Bukan! Artikel ini bertujuan untuk mengajak kamu melihat supaya menilai beberapa poin yang bisa dijadikan peluang usaha selama fenomena sabung ayam tetap ada meskipun tidak terlihat di depan publik.

Dari fenomena tersebut, ayam merupakan komoditas utama yang menjadi prospek pada bisnis, terutama ayam Bangkok yang dinilai selalu menjadi jagoan yang tangguh dalam arena perkelahian ayam. Bukan hanya ayam bangkok saja yang bisa di jadikan jagoan, tetapi ayam petelur juga banyak menguntungkan dalam hal berbisnis, yang di tambah dengan pakan ayam petelur yang menjadikan ayam lebih berkualitas.

Nah, jika kamu mulai tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait dengan bisnis kandang ayam Bangkok ditambah peluang usahanya, sebaiknya kamu membaca poin-poin yang tertulis dibagian bawah ini sampai tuntas.

Oke sobat? selamat mencoba!

Mengenal Ayam Bangkok

 

mengenal ayam bangkok
thor-rooster.com

Apakah kamu sudah pernah ternak ayam petelur dan ayam bangkok? Apa bedanya dengan ayam ini ? Ayam jago bangkok sangat khas bentuknya dan sangat mudah dikenali.

Ayam jago bangkok yang memiliki postur tubuh yang lebih besar kekar jika di bandingkan dengan ayam jago kampung. Warna dari ayam jago bangkok ini juga khas hitam dengan bulu-bulu leher, jingga keemasan, dan kulitnya berwarna merah. Sementara ayam jago kampung biasanya bercorak warna-warni.

Ayam bangkok ini tidak bisa dipliara pada tempat yang sembarangan, khususnya ketika ayam jago ini sudah mulai dewasa.

Jika ayam peliara dengan sembarangan, maka ayam jago bangkok ini akan kehilangan jiwa (stress) bertarungnya kalaupun mau bertarung, ayam tersebut mudah kalah dan cenderung menjadi ayam pengecut.

Tak jarang para hobi ayam bangkok rela merogoh kocek untuk merawat ayam jagonya agar menjadi juara, yakni dengan memberi makanan dan vitamin khusus, serta membeli kandang ayam tertentu agar ayam mereka tetap terjaga kualitasnya.

Kandang Ayam Bangkok

 

kandang ayam bangkok
ayam-balap.blogspot.com/

Poin berikut ini yang akan kami bahas tentang kandang ayam bangkok, mulai dari jenis-jenisnya sampai cara membuatnya hingga selesai.

Jika kamu tertarik untuk memproduksi kandang ayam bagkok, ada sedikit ulasan yang mengenai dalam langkah sebelim memulai, berikut ini ulasan yang sangat bermanfaat buat kamu.

Apa Fungsi Kandang Ayam Bangkok

 

Ayam bangkok harus kamu pelihara di dalam kandang karena untuk menjaga kualitas ayam bangkok.

Pertama, menjaga ayam bangkok dari gangguan jiwa atau stress, terutama pada saat dewasa dan di kandang satu ayam satu kandang.

kedua, ayam bangkok sebaiknya di pisah untuk menghindari dari jenis penyakit.

Ketiga, semakin ayam bangkok di jaga pada kandang sendiri maka akan lebih berani untuk menikkatkan nafu berkelahi.

Sementara untuk ayam betina, kandang ayam bisa kamu isi dengan beberapa ekor betina saja. Tentu kandang ayam Bangkok betina lebih luas dan bersifat permanen hal ini bertujuan untuk mempermudah melakukan perawatan, pemilahan, perkawinan, dan bahkan menjaga ayam betina tersebut dari terserang penyakit.

Tempat Yang Paling Pas Untuk Kandang Ayam Bangkok

 

Untuk tempat yang pas dalam meletakkan kandang ayam bangkok atau isinya tentu yang kamu lakukan adalah membuat tempat yang memiliki sirkulasi baik dan terbebas dari hujan. Idealnya beitu, tempat ini adalah semi outdoor yang berlantai tanah.

Khusus bagi ayam betina yang sedang bertelur atau sedang mengeramkan anaknya, kandang ini sebaiknya ditempatkan yang terbebas dari air yang menggenang dan terbuat dari bahan anti tikus dan ular. Hal ini bertujuan agar anak-anak ayam nantinya mendapatkan keamanan ekstra.

Jenis Kandang Ayam Bangkok

 

Ada beberapa jenis yang ingin kamu desain dengan unik agar dapat membuat kandang memiliki fungsi khusus.

Bisa juga kamu buat ayam bangkok ini menjadi dua yaitu untuk yang permanen dan yang non permanen dn nono permanen.

Untuk kandang permanen juga bisa kamu gunakan untuk mengawinkan ayam bangkok dan sampai membesarkan anak-anak ayam yang nantinya.

Sementara yang non permanen bisanya di gunakan untuk mengurung ayam jago bangkok.

Kandang ayam permanen ini juga sangat efesien untuk menjemur ayam atau merangsang ayam agar memiliki gairah besar dalam pertarungan. Biasanya kandang ini bisa kamu letakkan pada berbaris-baris agar ayam-ayam didalamnya bisa melihat satu sama lain.

Bahan Untuk Membuat Ayam Bangkok

 

1. Kandang Ayam Bangkok permanen

Permanen sangatlah banyak variasi dan biasanya dibuat dengan menyesuaikan lingkungan setempat. Model ini yang boleh dibilang paling elit justru tambah mirip dengan kos-kosan bertingkat dengan bentuk kamar.

Bahan utama dari pembuatan seperti semacam ini tentunya sangat mahal, seperti bahan bangunan yang berupa batako/bata, semen, pasir dan bambu, besi, kayu, jaring kawat (untuk bagian pintunya).

Kemudian untuk Atapnya bisa dari bangunan ini sebagai menggunakan genteng, seng, atau bahkan dinding semen.

2. Kandang ayam bangkok non permanen

Untuk pembuatan non permanen sangatlah memudahkan pemilik dalam merawat ayam terutama dalam hal pemindahan tempat dan penjemuran kandang ini memungkinkan pemilik untuk menjemur ayam setiap saat pagi di berbagai tempat yang diinginkan.

Kandang ayam yang non permanen ini ada dua jenis, yaitu:

  • Kurungan Untuk ayam bangkok

Kurungan ayam ini merupakan kandang yang langsung bisa kamu pakai dan bisa di bawa kemana-mana.

Kurungan ayam bangkok ini tidak memiliki alas, untuk alasnya adalah tanah atau semacamnya. Pada kurungan ayam ini terbuat dari beberapa jenis bahan, yaitu bambu, rotan, ataupun jaring kawat.

Akan tetapi, kurungan dari beberapa jenis bahan tersebut yang paling banyakkamu ihat pada toko-toko ayam atau di pasarkan, itu adalah kurungan yang berbahan bambu karena bahan ini dinilai paling mudah didapatkan.

  • Keranji Ayam Bangkok

Kandang keranji ini memiliki bentuk seperti kotak dan berkaki. Namun kandang yang seperti ini tidak nyaman buat ayam bangkok.

Sehingga kadang ayam keranji ini lebih cenderung denagn kandang ayam semi permanen.

Untuk bahan yang paling banyak digunakan adalah keranji yang biasanya terbiuat dari bambu, atau kalau mau lebih awet pakai kayu reng.

 Macam-Macam Jenis Kandang Ayam Bangkok Berserta Ukuranya

 

Dibawah ini adalah beberapa jenis kandang ayam bangkok yang mungkin Anda belum tahu:

1. Kandang Ayam Khusus Anti Nyamuk

  • Ukuran Kandang:

Tinggi : 100 cm

Lebar : 80 cm

Panjang : 80 cm

2. Kandang Ayam Bangkok Pelung Ketawa

  • Ukuran kandang:

Tinggi : 227 cm

Lebar : 80 cm

Panjang : 100 cm

3. kandang Ayam Bangkok Biasa

  •   Ukuran kandang :

Tinggi : 200 cm

Lebar : 80 cm

Panjang : 240 cm

4. Kandang Ayam Pitik

  • Ukuran Kandang

Tinggi : 90 cm

Lebar : 70 cm

Panjang : 75 cm

5. Kandang Ayam Bangkok

  • Ukuran Kandang

Tinggi : 100 cm

Lebar : 70 cm

Panjang : 70 cm

6. Kandang Ayam Outdoor 

  • Ukuran Kandang

Tinggi : 165 cm

Lebar : 210 cm

Panjang : 75 cm

7. Kandang Ayam Janggaran

  • Ukuran Kandang

Tinggi : 200 cm

Lebar : 55 cm

Panjang : 55 cm

8. Kandang Burung Merpati Kolongan

  • Ukuran Kandang

Tinggi : 200 cm

Lebar : 70 cm

Panjang ; 210 cm

9. Kandang Ayam Seraman Kate

  • Ukuran Kandang

Tinggi : 180 cm

Lebar : 50 cm

Panjang : 200 cm

10. Kandang Ayam Jumbo 

  • Ukuran Kandang 6 Pintu

Tinggi : 210 cm

Lebar : 80 cm

Panjang : 240 cm

11. Kandang Ayam Pelung 

  • Ukuran Kandang

Tinggi : 210 cm

Lebar : 90 cm

Panjang : 80 cm

12. Kandang Ayam Bangkok Minimalis

  • Ukuran Kandang

Tinggi : 70 cm

Lebar : 70 cm

Panjang : 70 cm

13. Kandang Ayam Model Baru 

  • Ukuran Kandang

Tinggi : 200 cm

Lebar : 80 cm

Panjang : 158 cm

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *