Kaligrafi Muhammad, Jenis-Jenis Dan Manfaatnya

Selain lafad Allah, Muhammad juga menjadi nama yang dikenal oleh semua umat Islam. Hal ini
disebabkan karena Nabi Muhammad menjadi utusan Allah yang mengajarkan Islam kepada semua umat.
Oleh karena itu, para seniman atau pecinta kaligrafi banyak yang membuat kaligrafi Muhammad. Model dan bentuk kaligrafi ini juga sangat beragam. Dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit.

Manfaat dan Kegunaan Kaligrafi Muhammad

kaligrafi muhammad
pixabay.com

Kaligrafi Muhammad tidak sebatas tulisan di atas kertas yang dihias oleh seniman. Ia juga memiliki
kegunaan dan manfaat tersendiri dalam kehidupan manusia. Baik itu untuk keindahan saja atau jenis manfaat lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

1. Hiasan Kitab atau Sampul Buku

Manfaat pertama karya ini adalah digunakan untuk sampul pada buku atau hiasan pada kitab. Kegunaan ini sangat umum digunakan karena lafadz Muhammad sangat menarik dan indah saat ditulis dalam bentuk kaligrafi. Sehingga, kitab atau buku berhiaskan kaligrafi ini akan lebih menarik.

2. Sebagai Hiasan Dinding

Selain sebagai hiasan kitab ataupun sampul buku, karya menarik ini juga dapat dipakai untuk hiasan dinding. Di rumah-rumah masyarakat Muslim, sering dipajang kaligrafi Allah dan Muhammad. Bentuk seninya juga sangat beragam. Ditambah dengan aneka hiasan yang menarik sehingga memiliki nilai seni yang tinggi.

3. Digunakan untuk Wallpaper Hp atau Komputer

Adapun kegunaan selanjutnya adalah untuk wallpaper. Saat ini, kaligrafi Muhammad sudah sangat
umum digunakan untuk wallpaper. Baik itu wallpaper Hp, laptop atau komputer. Kaligrafi yang digunakan biasanya yang memiliki warna menarik dan indah. Di samping itu, ada juga yang menjadikannya sebagai profil atau status di akun media sosial.

4. Hiasan untuk Gantungan Kunci

Tidak hanya itu, kaligrafi ini tidak jarang digunakan untuk hiasan, contohnya adalah gantungan kunci. Nama Muhammad terbilang cukup singkat sehingga sangat tepat untuk dipilih sebagai hiasan pada gantungan kunci dan hiasan-hiasan jenis lain. Selain itu, kaligrafi ini juga bisa dijadikan untuk hiasan kaca masjid.

Baca juga : Mengenal tulisan arab bismillah

Motif Kaligrafi Muhammad

kaligrafi muhammad
muklisin.com

Kaligrafi Muhammad disajikan dalam berbagai motif yang menarik. Berikut ini adalah beberapa motif yang umum dipilih oleh seniman kaligrafi.

1. Motif Polos atau Hitam Putih

Motif pertama adalah motif polos yang cenderung menggunakan warna hitam saja. Seniman
kaligrafi yang masih pemula biasanya akan memilih motif ini. Salah satu alasannya adalah motif
ini lebih mudah dibandingkan dengan yang lainnya. Proses membuatnya pun lebih cepat dan
praktis.

2. Motif Berwarna

Selain motif polos, kaligrafi Muhammad juga ada yang dibuat dengan motif berwarna.
Pembuatan karya ini disertai dengan proses mewarnai tulisan. Jenis warna yang dipilih pun
beragam, ada yang menggunakan warna terang ada juga yang menggunakan warna gelap.
Biasanya, sisi-sisi di sekitar tulisan juga akan diberi warna agar lebih menarik.

3. Motif Kombinasi

Adapun motif berikutnya adalah motif kombinasi. Motif ini biasanya tidak hanya berisi tentang
lafadz Muhammad, namun juga diberi karakter lain yang menyertainya. Tujuannya tidak lain
adalah untuk memperindah seni yang dibuat. Misalnya menggunakan karakter bulan, matahari
dan lain-lain. Namun, pembuatan kaligrafi ini terkesan lebih sulit dari yang lain.

Kaligrafi Muhammad Dekorasi

kaligrafi muhammad
muklisin.com

Salah satu bentuk dan contoh kaligrafi Muhammad adalah kaligrafi dekorasi. Kaligrafi dekorasi ini berisi seni tulis dengan beragam jenis khat. Mulai dari khas Naskhi, Tsulust, Diwani, Farisi dan aneka jenis khat lain. Kemudian, di sekitar tulisan kaligrafinya diberikan hiasan yang indah. Di dalam istilah kaligrafi, hiasan semacam ini dikenal dengan seni hiasan mushaf.

Bentuk kaligrafi dekorasi yang pertama adalah karya dekorasi berbentuk bulat. Dimana kaligrafi dekorasi ini dikelilingi oleh hiasan melingkar. Selain itu, ada juga kaligrafi dekorasi yang dikelilingi oleh hiasan berbentuk segitiga atau segienam. Hiasan ini tidak kalah indah dan menarik karena menimbulkan ketertarikan tersendiri.

Tidak hanya itu, selain beberapa bentuk dekorasi di atas, ada juga kaligrafi Muhammad yang dimodel seperti hiasan bunga dan lain sebagainya. Dimana lafadz Muhammadnya diletakkan pada bagian tengah dan menonjol. Pembuatan kaligrafi dekorasi jenis ini tentu saja tidaklah mudah dan membutuhkan kreatifitas mandalam. Dengan begitu, hasil karyanya pun benar-benar bernilai seni tinggi.

Ukiran Kaligrafi Muhammad

Kaligrafi tidak hanya ditulis pada kertas biasa saja, namun ada juga yang membuatnya dalam bentuk ukiran. Kaligrafi berbentuk ukiran memang sangat menarik dan indah karena selain memanfaatkan seni Islami, juga memanfaatkan kreatifitas dari seni rupa. Oleh karena itu, biasanya kaligrafi dalam bentuk ukiran dijual dengan harga yang relatif lebih tinggi dari yang lain.

Kaligrafi Muhammad juga ada yang dibuat dengan model ukiran. Umumnya, tujuan pembuatan kaligrafi ukiran ini adalah untuk memperindah suasana atau sebagai hiasan. Bahkan, jika diamati secara lebih detail, nilai seni pada kaligrafi ukiran terbilang sangat tinggi. Namun, untuk dapat membuat jenis kaligrafi ini, Anda harus belajar dengan maksimal.

Salah satu dasaran atau latar untuk menciptakan karya kaligrafi ukiran adalah kayu. Ukiran pada kayu nantinya akan digunakan untuk hiasan dinding, hiasan meja dan sebagainya. Mirip seperti seni ukir kayu yang lain namun wujud ukirannya adalah lafadz Muhammad.

Selain berbentuk ukiran dari latar kayu, kaligrafi ukiran di sini juga ada yang dibuat dengan latar belakang kaca. Hasil karya satu ini juga tidak kalah menarik dan indah karena membuat ruangan semakin tampak elegan. Cara membuat kaligrafi Muhammad ukiran ini tidak kalah sulit dari kayu. Karena bahannya adalah kaca sehingga proses membuatnya harus dilakukan dengan hati-hati.
Di samping itu, ada juga kaligrafi ukiran yang dibuat dari dinding. Kaligrafi ini menempel pada bagian dinding dan menyatu di dalamnya. Biasanya, digunakan untuk dinding masjid, museum dan lain sebagainya.

Belajar Kaligrafi Muhammad

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar kaligrafi, caranya sangat mudah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sekaligus menjadi pehatian penting.

1. Berguru Kepada Ahlinya
Cara belajar kaligrafi yang pertama adalah dengan belajar kepada orang yang sudah ahli. Bisa
juga belajar secara langsung di lembaga khusus kaligrafi atau belajar kepada senior.

2. Berlatih secara Terus Menerus

Cara selanjutnya yang wajib dilakukan saat pembelajaran adalah dengan latihan secara
konsisten. Hal ini sangat penting karena hanya dengan cara inilah Anda bisa menguasai ilmu
kaligrafi.

3. Mencari Inspirasi Karya Terbaik
Belajar membuat kaligrafi Muhammad juga dapat dilakukan dengan mencari inspirasi dari karya
terbaik. Selanjutnya, berlatih untuk membuat karya senada bahkan lebih bagus darinya. Dengan
melakukan hal ini secara terus-menerus, maka lama-lama Anda akan pintar sendiri.

Menjadi seorang seniman handal pada bidang ini tentu saja tidak mudah. Dibutuhkan proses berlatih secara terus menerus agar mendapatkan karya terbaik. Kaligrafi Muhammad terbilang cukup simple dibandingkan dengan kaligrafi untuk lafadz lain. Oleh karena itu, ia dapat dijadikan media belajar yang tepat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *