Bentuk-Bentuk Kaligrafi Bismillah dan Jenis Khatnya

Bismillah adalah lafadz berbahasa Arab yang banyak digunakan oleh umat Muslim. Tidak hanya dijadikan sebagai bacaan sehari-hari, karena dengan bacaan bismillah segala aktifitas akan ternilai ibadah disisi Allah, namun tidak jarang orang menjadikan lafadz ini sebagai hiasan.

Umumnya, hiasan lafadz bismillah dihadirkan dalam bentuk karya kaligrafi. Kaligrafi bismillah sendiri adalah seni Islami berisi goresan indah dalam bahasa Arab yang di dalamnya berisi tulisan bismillah.

Jenis Jenis Khat untuk Kaligrafi Bismillah

kaligrafi bismillah
muklisin.com

Ada beberapa jenis khat yang umum digunakan untuk pembuatan kaligrafi termasuk yang bertuliskan bismillah. Dimana antara satu jenis khat dengan yang lain memiliki nuansa dan gaya berbeda.

Berikut adalah beberapa jenis khat tersebut.

1. Khat Naskhi

Khat pertama untuk penulisan kaligrafi bismillah adalah khat Naskhi. Ini adalah jenis khat yang paling umum digunakan. Khat ini sangat mudah dibuat dan juga mudah untuk dibaca.

2. Khat Kuufi

Jenis khat kedua yang juga biasa digunakan adalah khat Kuufi. Khat yang satu ini terbilang cukup menarik dengan bentuk tegak lurus. Karya bertuliskan bismillah yang dibuat dengan khat Kuufi ini biasanya merupakan hiasan yang diterapkan pada dinding masjid.

3. Khat Riq’ah
Selain kedua jenis khat untuk menulis di atas, ada juga khat Riq’ah yang cukup mirip dengan khat Naskhi. Khat ini memiliki bentuk yang lebih kecil dan miring. Proses membuatnya terbilang cukup mudah jika dibandingkan lainnya.

4. Khat Tsulust
Jenis khat yang banyak digunakan berikutnya adalah khat Tsulust. Khat ini memiliki ciri khas dibuat memanjang ke arah samping. Hasil seni kaligrafi bismillah menggunakan khat Tsulust sangat mudah untuk dibuat dan juga dibaca.

5. Khat Diwani
Adapun khat berikutnya yang umum dipakai untuk menulis bismillah adalah khat Diwani. Ini adalah jenis khat yang banyak disukai oleh para seniman. Tulisannya memiliki karakter yang cenderung tegak lurus.

6. Khat Farisi
Selanjunya, juga ada yang ditulis dalam bentuk khat Farisi termasuk yang bertuliskan bismillah.
Ciri utama dari kaligrafi bismillah jenis ini adalah terdapat garis-garis melengkung dan panjang.
Namun, untuk membuatnya dibutuhkan suatu keterampilan tinggi.

Kaligrafi Bismillah Sederhana

kaligrafi bismillah
muklisin.com

Contoh kaligrafi bertuliskan bismillah sederhana adalah jenis karya seni tulisan Arab dalam bentuk dan model sederhana. Meskipun sederhana, karya ini memiliki beragam bentuk yang unik dan menarik.

Bentuk karya bernuabsa sederhana tersebut yang pertama adalah bentuk datar memanjang. Namun, dibuat dengan pola yang lurus dan rapi sehingga tampak sangat menarik.
Bentuk lain dari kaligrafi bismillah sederhana adalah bentuk bulat dengan isian tulisan bismillah menjadi satu.

Contoh kaligrafi ini umum ditemukan di mushaf-mushaf; hiasan kunci; hiasan dinding dan masih banyak lagi yang lainnya. Bentuk kaligrafi ini terbilang sangat unik.

Bentuk kaligrafi dengan lafadz bismillah sederhana berikutnya adalah karya yang dibuat dalam bentuk segitiga. Namun, bentuk segitiganya dibuat tidak begitu terlihat karena polanya dibuat tidak begitu lurus layaknya segitiga.

Kaligrafi sederhana ini hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk yang dapat disesuaikan dengan selera dan kesukaan dari masing-masing seniman.

Kaligrafi Bismillah Karakter

kaligrafi Bismillah
muklisin.com

Contoh berikutnya adalah kaligrafi bismillah karakter. Disebut dengan kaligrafi karakter karena di dalamnya menghadirkan aneka karakter dalam balutan naskah bismillah. Kaligrafi ini sangat menarik karena memadukan antara lafadz basmalah dengan karakter yang ada di dalam kehidupan ini.

Di antara contoh dari jenis ini adalah karya bertuliskan bismillah dengan karakter burung. Dimana lafad bismillahnya dibuat seperti bentuk seekor burung dan dua kaki. Tidak lupa pula dengan ekor burungnya sehingga mampu membuat hasil tulisan tersebut sangat mirip dengan gambar burung. Namun, cara membuatnya tentu tidak mudah dan membutuhkan kreatifitas tersendiri.

Selain karakter burung, ada lagi contoh penggunaan bentuk karakter lainnya, yaitu karater perahu.
Kaligrafi bertuliskan bismillah dengan karakter perahu cenderung lebih mudah dibuat dibandingkan dengan yang berkarakter burung. Sekilas, hasil karya ini akan tampak sangat mirip dengan perahu. Terlebih diberi warna hitam kebiruan di bawah langit yang sedang purnama.

Kaligrafi Bismillah Kontemporer

kaligrafi Bismillah
muklisin.com

Selain kedua contoh di atas, ada juga contoh bentuk berikutnya yang dikenal dengan kaligrafi bismillah modern atau kontemporer. Bentuk ini lebih menarik dibandingkan dengan lainnya. Salah satu faktornya adalah karena dalam pembuatannya, ada perpaduan antara seni lukis biasa dengan seni kaligrafi.

Adapun ciri khas dari kaligrafi kontemporer adalah adanya beragam warna yang dimasukkan di dalamnya. Banyak seniman bidang tersebut yang memilih berbagai jenis warna menarik sehingga hasilnya terkesan berwarna warni.

Bentuk dari jenis kontemporer ini juga lebih bebas. Baik itu menggunakan bentuk-bentuk alam di dunia, seperti lautan, sungai, matahari, bulan, bintang maupun bentuk lainnya.Seseorang dapat memunculkan kreatifitas tersendiri pada kaligrafi jenis kontemporer ini.

Namun, penulisan Arab bismillahnya harus tetap dilakukan secara tepat agar tidak terjadi kesalahan. Perludiketahui bahwa meskipun terkesan lebih bebas dari jenis kaligrafi lain, ia cenderung lebih sulit untukdibuat. Sehingga, proses pembelajaran harus dilakukan secara maksimal agar hasilnya lebih baik.

Cara Mudah Belajar Membuat Kaligrafi Bismillah

 kaligrafi bismillah
pixabay.com

Mempelajari karya seni kaligrafi bukanlah hal yang mudah. Sekalipun untuk membuat seni kaligrafi yang hanya bertuliskan bismillah. Sehingga, pembelajarannya tidak bisa dilakukan dengan instan melainkan harus bertahap. Berikut ini adalah cara mudah belajar membuat kaligrafi lafadz bismillah.

1. Hafalkan Cara Penulisan Bismillah dalam Tulisan Biasa

Hal pertama yang harus dipelajari agar bisa menulis khat adalah dengan menghafalkan lafadz dan hurufnya. Sehingga, Anda bisa menuliskan bismillah dalam bentuk biasa terlebih dahulu.

2. Mulai Mempelajari Tata Cara Penulisan Per Hurufnya

Sesudah itu, lakukan latihan secara rutin untuk menuliskan tiap-tiap huruf bismillah dalam aturan
khat atau kaligrafi. Tujuan dari langkah ini adalah agar Anda bisa menuliskan lafadz bismillah
dengan benar.

3. Tentukan Jenis Khat yang Ingin Digunakan

Kemudian, tentukan jenis khat yang ingin digunakan untuk membuat seni kaligrafi dengan tulisan
bismillah. Untuk jenis-jenis khat bisa dilihat di pembahasan awal.

4. Lihat Karya Orang Lain yang Menarik

Adapun langkah berikutnya untuk belajar kaligrafi adalah dengan melihat atau merujuk kepada
karya orang lain. Pastikan karyanya tepat dan menarik.

5. Terapkan Kemampuan Anda agar Menjadi Lebih Baik

Langkah yang terakhir dalam belajar kaligrafi khususnya lafadz bismillah adalah dengan
menerapkan kemampuan kaligrafi Anda dengan cara merujuk kepada karya orang lain dan
mengembangkannya sendiri.

Belajar kaligrafi sangat penting untuk dilatih sejak dini. Semakin sering berlatih, maka hasilnya juga akan lebih maksimal sesuai yang diharapkan. Tentu saja hal ini tidak mudah, namun akan membuahkan hasil memuaskan jika sudah handal.

Kalian dapat dibuat dalam berbagai varian bentuk dan karya seni. Sehingga, hal itu
menjadikan lafadz ini semakin familiar dan dapat dilihat dimana-mana. Mulai dari kaligrafi bertuliskan bismillah pada dinding, hiasan dalam pigora, tulisan dalam lembaran kertas dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *