Bacaan Doa Sholat Dhuha Beserta Manfaat dan Keutamaan

Sebelum itu kamu sudah tahu belum tentang doa sholat dhuha? Shalat sunnah dhuha, waktu sholat dhuha, niat sholat dhuha, tata cara sholat dhuha, beserta manfaat sholat dhuha dan keutamaannya. Kalau belum tahu kami sarankan untuk membaca artikel ini sampai selesai. Agar lebih bersemangat lagi untuk melaksanakan doa sholat dhuha.

Selamat datang di muklisin.com kali ini kami akan membahas lebih banyak tantang doa sholat dhuha dan segala yang berkaitan dengan doa sholat dhuha.

Karena islam adalah agama yang rohmatan lil ‘alamin yaitu agama yang membawakan rahmat dan kesejahtraan bagi seluruh dunia ini, termasuk hewan, tumbuhan dan jin.

Kita tahu bahwa agama islam dapat dirasakan apabila seluruh umat muslim melaksanakan kewajiban dan menjauhi apa yang dilarang oleh Allah swt. Salah satu kewajiban umat islam adalah shalat wajib.

Tidak hanya shalat wajib saja, tetapi islam menganjurkan umatnya untuk melaksanakan shalat sunnah salah satunya seperti shalat dhuha.

Shalat dhuha adalah shalat sunnah yang telah disyriatkan oleh Rasulullah Saw. Yang dikerjakan pada waktu setelah matahari terbit dari pukul 8 sampai sebelum waktu tengah hari yaitu pada pukul 11 siang.

Nah, sebelum masuk pada intinya lebih baik kamu membaca basmalah terlebih dahulu, Agar artikel yang kami tulis ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Berikut informasi lengkap yang mengenai doa shalat dhuha.

 

Doa Shalat Dhuha Lengkap

 

Bacaan doa sesudah sholat dhuha lengkap

ALLAHUMMA INNADHDHUHA A DHUHA UKA, WALBAHAA ABAHAA UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWAATUKA, WAL QUDROTA QUDROTUKA, WAL ‘ISHMATA ISHMATUKA.

ALLAHUMA INKAANA RIZQII FISSAMMA I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA AKHRIJHU, WA INKAANA MU’SIRON FAYASSIRHU, WAINKAANA HAROOMAN FA THOHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QORIBHU, BIHAQQIDUHAA IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDROTIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHOOLIHIiN.

 

Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha itu adalah waktu dhuha-Mu, keagungan itu adalah keagunan-Mu, keindahan itu adalah keindahan-Mu, kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, kekuasaan-Mu itu adalah kekuasaan-Mu, dan penjagaan itu adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah kepadaku, jika berada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sulit maka mudahkanlah, jika itu haram maka sucikanlah, jika jauh maka dekatkanlah. Demi kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), keindahan-Mu, kekuatan-Mu dan keagungan-Mu, berikanlah kepadaku sebagaimana apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

 

Niat Shalat Dhuha

 

Mengucapkan niat sholat dhuha sebelum takbirotul ihram menurut madzhab Imam Syafi’i dan Hambali hukumnya sunnah. Sedangkan mengucap niat sholat dhuha sendiri adalah dengan keyakinan di dalam hati sehingga lebih khusyu’ dalam melaksanakanya.

Sedangkan menurut madzab Malik dan Hanafi, untuk niat sholat dhuha sebelum takbirrotul ihram itu tidak disyariatkan, terkecuali bagi was-was setan.

Kedua madzhab tersebut bahwa niat shalat dhuha hanya cukup di dalam hati saja. Karena melafalkan niat saja pada sholat dhuha itu adalah kilaful aula (menyalahi keutamaan dan). Wallahu A’lam Bishawab.

Dari perbedaan tersebut, bacaan niat sholat dhuha pada umunya adalah:niat mau melaksanakan sholat dhuha

doamustajab.comUSHOLLI SUNNATADH DHUHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’AALAA.

Artinya:

“ Saya berniat shalat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Jika ingin sholat dhuha 4 rakaat sekaligus bisa mengubah bacaan niat 2 rakaat menjadi 4 rakaat dengan mengganti ‘arbaa’ata rok’ataini.

 

Doa Sholat Dhuha

 

doa sholat dhuha
santrigaul.net

Setelah kita mengtahui doa sholat dhuha dengan niat yang telah dijelaskan dari  mazhab di atas secara mendalam tentang niat sholat dhuha. Saatnya kami akan membahas yang berkenaan dengan tata cara sholat dhuha yang baik dan benar sesuai Al-quran dan hadist.

Shalat sunnah dhuha yang bisa kita kerjakan adalah paling sedikit 2 rakaat. Namun sebagian perkataan para ulama tidak ada batasnya, dan ada yang mengatakan 12 rakaat, ada juga yang mengatakan lebih banyak lebih baik.

Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wasallam terkadang mengerjakan shalat dhuha sampai 8 rakaat. Sesuai dengan hadis beliau:

Dari Ummu Hani’ binti Abi Thalib, “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam pernah mengerjakan sholat dhuha sebanyak 8 rakaat. Pada setiap 2 rakaat. kemudian beliau mengucap salam”. (HR. Abu Dawud)

 

Doa Sholat Dhuha dan Tata Cara Shalat Dhuha

 

tata cara sholat dhuha
pasberita.com

Sering kita melihat orang ketika melaksanakan shalat dhuha sendirian, tetapi di dalam shalat dhuha dapat kita lakukan dengan berjama’ah. Hal yang harus lebih penting sebelum sholat dhuha adalah dengan kondisi suci dari najis atau semacamnya.

Shalat dhuha ini dilakukan dua rakaat sampai salam pada akhir dua rakaat tersebut. Ketika kita ingin mengerjakan shalat sholat dhuha dengan 4 rakaat sekaligus, atau sampai dengan 8 rakaat dengan satu kali salam.

Sholat yang seperti itu tidak ada yang diajarkan oleh nabi, melainkan dilakukan dengan dua rakaat-dua rakaat dengan salam masing-masing dua rakaat.

Karena hal yang paling penting disini adalah kualitas bukan kuantitasnya. Menjalankan shalat dhuha dengan lebih sedikit rakaat lebih baik dari pada mengerjakan banyak rakaat tetapi tidak khusuk.

Semoga kita dapat melakukan shalat dhuha secara istiqomah dan rutin agar dapat memperoleh keutamaan-keutamaan.

 

Niat Shalat Dhuha dan Rukunnya

 

Dalam niat, kami sudah menjelaskan di atas tadi, akan tetapi kami akan mendalami lagi tetang niat shalat dan rukunya.

Nah, niat sholat dhuha bisa kita ucapkan secara lisan atau berdiam di dalam hati. Cara ucapannya adalah yang berdasarkan dengan madzab Imam Syafi’i, hal tersebut kembali kepada diri kita pribadi mazhab apa yang di ikuti, ada yang di niatkan dan ada yang dibaca. Dilakukan secara berbarangan dengan takbiratul ikrom.

Kemudian setelah takbiratul ikrom (mengangkat kedua tengan), kita membaca doa iftitah yang di sambung dengan membaca surah Al-fatihah, setelah itu membaca surat yang di inginkan.

Lalu melakukan gerakan rukuk’ dan membaca tasbih tiga kali. Sampai bangkit dari rukuk’ dilanjutkan dengan gerakan i’tidal dan membacanya.

Setelah gerakan i’tidal kita melakukan sujud yang pertama lalu membaca tasbih tiga kali. Di sambung dengan duduk diantara dua sujud kemudian membaca tasbih tiga kali di lanjutkan dengan sujud yang kedua dengan bacaan tasbih tiga kali.

Ketika rakaat yang pertama sudah selesai, kemudian digenapkan dengan rakaat ke-2 hingga sampai tasyahud akhir sampai melakukan gerakan yang terakhir salam.

Jika lebih paham lagi, simak video ini tentang sholat dhuha.

Doa Sholat Dhuha Serta Bacaan Shalat Dhuha

 

Menurut dari berbagai referensi pada setiap buku-buku, mengatakan bahwa yang paling afdholnya ketika kamu mendirikan sholat adalah saat di rakaat pertama membaca surah Asy-Syam dan untuk rakaat ke-dua membaca surah Adh-dhuha.

Anda boleh membaca surah Al-Quran setelah Anda membaca Al-fatihah di dalam sholat dhuha. Yang mudahnya Anda bisa membaca surah yang dapat mengkhusyukan shalat Anda.

Tidak ada salahnya untuk membaca surah adh-dhuha juga karena makna yang ada di dalam surah tersebut terdapat makna yang bisa kita pahami dan bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

sholat dhuha

Sebenernya sih, surah yang mungkin kita baca adalah surahnya berkenaan dengan rezeki karena shalat dhuha untuk meminta rezeki.

 

Waktu Doa Shalat Dhuha

 

waktu sholat dhuha
banghen.com

Waktu doa sholat dhuha yang terbaik adalah waktu yang di mulai dari naiknya matahari setinggi tombak hingga mendekati tergelincirnya matahari ke arah barat yang mendekati waktu zawal.

Awal masuk waktu doa sholat dhuha dimulai hingga 15 menit setelah terbitnya matahari. Kemungkinan waktu atau jam yang di perbolehkan dimulainya doa sholat dhuha adalah jam 06.00 pagi. Sampai batas terakhir melaksanakan shalat dhuha adalah jam 11.00 atau mendekati.

Untuk waktu yang lebih jelas menunaikan shalat dhuha adalah ketika kondisi sudah semakan panas.

 

Doa Shalat Dhuha dan Dzikir 

 

Janganlah lalaikan amalan dzikir kepada Allah supaya untuk mendekatkan diri kita kepada Allah swt. Walaupun di antara kita belum rutin melakukan dzikir setelah shalat dhuha kecuali sedikit sekali, karena pada umumnya di Indonesia.

Kebanyakan aktifitas produktif kita baik dalam dunia kerja maupun waktu pendidikan. Sehingga kita sering lupa untuk melaksanakan shalat dhuha.

Di antaranya untuk membaca dzikir yang dapat kita baca.

 

bacaan dzikir setelah sholat dhuha

Minimal yang bisa kita membaca mulai dari 3 kali sampai seterusnya.

 

bacaan dzikir setelah sholat dhuha

Kemudian di lanjutkan dengan membaca kalimat tasbih sebanyak 100 kali.

bacaan dzikir setelah doa sholat dhuha

Selanjutnya di lanjutkan dengan membaca sholawat nabi sebanyak 33 sampai 100 kali.

 

bacaan dzikir setelah sholat dhuha

Sebaiknya dzikir ini yang bisa kita baca sebelum atau sesudah shalat dhuha, tergantung kemampuan kita.

 

Doa Salat Dhuha dan Keautamaan Shalat Dhuha

 

Ada banyak keutamaan shalat dhuha bagi setiap yang melaksanakanya. Salah satu di antara shalat-shalat sunnah yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam.

Banyak sekali penjelasan-penjelasan hadist yang telah disebutkan keutamaan untuk shalat dhuha untuk siapa yang mengerjakanya.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan shalat dhuha:

1. Pahalanya Seperti Bersedekah

 

bersedekah
www.nu.or.id

Diantara keutamaan shalat dhuha adalah yang diriwayatkan oleh muslim, dari Abu Dzar al-Ghifari ra, ia berkata bahwa Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Di setiap seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha diberi pahala,” (HR Muslim).

Segala kebaikan adalah sedekah meskipun di mata manusia terlihat kecil melakukan kebaikan, belum tentu di sisi Allah itu amalan kecil, bisa jadi kebaikan yang di anggap remeh itu bisa memberatkan amal timbangan diakhirat.

Seandainya jika kita sibuk dengan pekerjaan atau banyak urusan kita bisa mengganti semua itu dengan mengerjakan dhalat dhuha dua rakaat. praktis dan mudah namun pahalanya seperti sedekah.

 

2. Sebagai Tabungan Amal Cadangan

 

Semuanya pasti sudah tahu bahawa fungsi shalat adalah sebagai tambahan amal ibadah harian. Kita tahu bahwa amalan yang pertama kali dihisab adalah shalat fardhu.

Apabila kita melaksanakan shalat dengan baik maka mendapatkan amalan baik, sebaliknya jika melaksanakan shalat dengan buruk maka akan buruk juga amalanya.

Jadi dengan kita melaksanakan shalat dhuha setiap hari maka kita masih menabung amalan insya Allah untuk di akhirat kelak.

 

3. Ghanimah (keuntungan) Yang Besar

 

mendapatkan gonimah
islami.co

Suatu ketika Rasulullah  shalallahu ‘alaihi wasallam mengirim pasukan para muslimin untuk berperang melawan bala tentara musuh Allah. Akhirnya mereka mendapatkan kemenangan yang jaya dan mendapatkan harta rampasan yang melimpah.

Banyak sekali orang-orang yang membicarakan tentang peperangan kaum muslimin tersebut dan banyaknya harta rampasan perang atau ghanimah yang mereka dapatkan.

 

4. Segala Kebutuhan Hidup Tercukupi

 

Pada zaman yang sekarang ini, tantangan semakin besar dari hari ke hari dan dari waktu ke waktu. Coba kita lihat sekarang banyak orang-orang yang lalai dalam melaksanakan kewajiban mereka.

Karena mereka lebih banyak menyibukkan dengan pekerjaannya di bandingkan  menjalankan yang telah di perintahkan oleh Allah.

Lebih anehnya lagi, meskipun waktu yang banyak di habiskan untuk pekerjaannya tetapi masih saja merasa kurang tercukupi kebutuhanya.

Ingatlah saudaraku! Allah senantiasa masih memberikan kita kelapangan untuk mecari rezeki, dari pada itu rajin-rajinlah dalam melaksanakan sholat dhuha sebelum kamu di uji oleh Allah. Sebagaimana hadist qudsi yang di jelaskan Rasulullah. Yang di kutip dari santaidamai.com

manfaat dan keutamaan sholat dhuha

 

5. Menambahkan Iman

 

menambahkan iman
www.mediamaya.net

Doa sholat dhuha atau dalam sholat dhuha hukumnya sunah apabila di kerjakan, maka akan mendapatkan pahala amal ibadah dan jika tidak mengerjakan maka tidak mendapat apa-apa. Begitu juga dengan doa shalat dhuha.

Mengerjakan sholat dhuha pada waktu pagi hari yang sangat dianjurkan. Keutamaan dan pahala yang terkandung di dalamnya sangat banyak.

Selain itu shalat dhuha bisa menjadi stabil untuk kondisi keimanan seorang muslim, karena fluktuasi keimanan yang perlu ada kontrol yang intensif, jangan sampai jatuh ke lubang kekufuran.

 

6. Kondisi Yang Terjaga

 

Ketika kamu bangun pada waktu pagi hari dan merasakan malas yang gak enak, cobalah untuk melakukan sholat dhuha. Ketika Anda sholat, tentunya juga dilakukan dengan khusyuk, dan ada semacam energi yang mana energi tersebut mengusir rasa ngantuk dan kemalasan.

Maka jadikanlah sholat dhuha Anda sebagai bekal anda untuk memulai aktifitas sehari-hari. Dan jadikan sebagai ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah.

 

7. Menghilangkan Stress dan Menggugurkan Dosa

 

Salah satu ibadah yang memiliki keutamaan yang istimewa adalah saat waktu shalat dhuha, karena pada waktu itu semua orang banyak yang memikirkan pekerjaannya atau pendidikannya sehingga ada yang melalaikan amalan sholat dhuha ini.

Dan ada sebagian yang masih ingat dengan Allah untuk melaksanakan shalat dhuha, karena mereka sudah tahu keutamaan shalat dhuha yaitu dapat menghilangkan stress dan dapat menggugurkan dosa meski sebanyak buih-buih di lautan.

“Siapa pun yang melaksanakan shalat dhuha dengan sempurna, maka akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan,” (HR Tirmidzi).

 

8. Mendapatkan Pahala Semisal Pahalanya Haji dan Umrah

 

mendapatkan pahala semisal haji dan umrah
www.santri.xyz

Jika kita melakukan shalat dhuha tentunya tidak ada sia-sianya justru akan menambahkan pahala yang pahalanya semisal haji dan umrah.

Maka janganlah sia-siakan kesempatan untuk melaksanakan shalat dhuha dan jangan sampai kita menunda-nuda waktu.

Dari Anas ra berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang melaksanakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian dia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari(waktu syuruk), lalu dia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna”.

 

9. Diganjar Dengan Rumah di Surga

 

Siapa yang tidak ingin dibangunkan rumah di surga? Tentunya kita semua inin, tetapi bagaimana?

Nah, jika kalian ingin dibangunkan rumah di surga maka tetap istiqomah dalam melaksanakan shalat dhuha. Karena hal ini sesuai dengan hadist rasulullah yaitu:

“Barang siapa sholat dhuha sebanyak 4 rakaat dan 4 rakaat sebelumnya, maka dia akan dibangunkan rumah di surga,” (Shahih al-Jami’: 634)

 

10. Dibukakan Pintu Rezeki

 

Pada dasarnya doa sholat dhuha memang sangat bermanfaat, salah satunya di bukakan pintu rezeki, tak hanya itu tetapi juga akan membantu dalam mendapatkan kesuksesan di dunia.
Namun kesuksesan juga tidak bisa didapatkan hanya dengan berdoa tanpa ada usaha, oleh karena itu agar lebih seimbang dan juga menjadi berkah, semuanya harus dilakukan yaitu dengan berusaha dan tunjangannya dengan doa sholat dhuha, salah satunya dengan menjalankan sholat dhuha tersebut.
Jadi itulah beberapa keutamaan di atas yang perlu diketahui oleh semua umat muslim mengenai shalat dhuha.

Manfaat Shalat Dhuha Untuk Kesehatan Pada Doa Shalat Dhuha

 

manfaat sholat dhuha
keluargasamawa.com

Yang paling utama adalah Doa sholat dhuha dan berbagai manfaat untuk kesehatan jasmani, dan juga bermanfaat bagi rohani. Hal tersebut karena secara tidak langsung dalam gerakan. Sehingga bermanfaat untuk kesehatan jasmani kita.

Di dalam gerakan shalat terdapat gerakan yang dapat menyehatkan tubuh kita. Oleh karena itu bersegeralah untuk melaksanakan shalat dhuha.

 

Olahraga Tanpa Disadari

 

Menurut pendapat para ahli yang membahas waktu terbaik untuk melakukan olahraga adalah ketika waktu pagi hari. Karena waktu pagi hari terbaik untuk aktifitas olahraga, demikian doa shalat dhuha yang di lakukan pada pagi hari.

Makan ketika kita melaksanakan shalat dhuha tanpa kita sadari sama saja kita seperti melaksanakan olahraga.

Dengan kita doa shalat dhuha dan sholat dhuha untuk menggerakan persendian dari tangan, siku, lutut sampai kaki sehingga menguatkan kesehatan tulang tubuh dan otot kaki.

Dengan banyak yang kita gerakan maka akan terhindar dari penyakit tulang pengeroposan atau osteoporosis.

Melancarkan Peredaran Darah

 

peredaran darah
meteoweb.eu

Pada gerakan sholat duha ada gerakan yang dapat mengoptimalkan peredaran darah yaitu ketika kita meklakukan gerakan sujud, pada posisi itulah darah akan berkerja naik ke bagian kepala.

Dengan begitu itu kita menggerakan tubuh tanpa kita sadari secara otomatis juga memperlancar peredaran darah dalam tubuh kita. Darah senantiasa mengalir dari organ ke organ.

 

Sebagai Obat Penyakit Dalam

 

Berdasarkan penelitian yang berkenaan dengan sholat mereka menemukan bahwasanya, ketika kita sholat dhuha pada waktu kondisi bumi yang sudah mulai panas dapat mengurangi resiko penyakit dalam seperti ginjal dan jantung.

Hal ini disebabkan karena adanya energi panas yang mempengaruhi organ-organ hati dan sistem pencernaan Anda.

Selain itu juuga bermanfaat untuk menormalkan hormon-hormon yang ada di dalam tubuh.

 

Menjadikan Wajah Berseri dan Cantik Dengan Doa Sholat Dhuha

mempercanti diri
chillyinme.blogspot.com

Memang sih? Semua wanita itu pasti ingin dirinya lebih cantik. Begitu juga dengan laki-laki pasti menginginkan ketampanannya. Perbanyaklah doa sholat dhuha agar di mudahkan segala urusan dan segala keinginan.

Nah, untuk itu shalat dhuha juga bisa menjadikan wajah cantik dan berseri. Ketika kamu membasuh muka dengan air wudhu, yang dapat membersihkan kotoran-kotoran sehingga bisa menjadikan wajah bersih dari komedo.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *