Kumpulan Doa Nabi Yunus | Arab, Latin, dan Artinya [Lengkap]

Doa Nabi Yunus – Anda pernah tidak merasakan pada saat keadaan yang sangat menakutkan? Atau anda punya masalah yang sangat besar? Nah, Jika anda adalah sama yang seperti itu maka anda perlu melakukan amalan. Untuk bertujuan dipermudahkan dalam segala urusan yang menyulitkan atau agar masalah yang anda sedang dihadapi pada kondisi darurat.

Nabi Yunus adalah nabi yang memiliki kekuatan pada doanya, sehingga Allah SWT menggabaikan nama nabi Yunus dalam Al-Quran pada surah Al Ambiya 87-88. Kenapa namanya dengan doa nabi yunus? Karena doa ini adalah doa yang dibaca ketika dalam situasi dan keadaan yang sangat sulit.

Banyak kisah Nabi Yunus yang di sebutkan dalam Al Quran, seperti yang dikisahkan pada para nabi-nabi yang terdahulu supaya dapat menggambil hikmahnya dan pelajaran.

Baiklah selanjuatnya akan kami jelaskan lebih detail seputar doa nabi, serta beberapa penjelasan yang mengenai para nabi terdahulu.

yang dibaca ketika dalam situasi dan keadaan yang sangat sulit.

Banyak kisah Nabi Yunus yang di sebutkan dalam Al Quran, seperti yang dikisahkan pada para nabi-nabi yang terdahulu supaya dapat menggambil hikmahnya dan pelajaran.

Baiklah selanjuatnya akan kami jelaskan lebih detail seputar doa nabi, serta beberapa penjelasan yang mengenai para nabi terdahulu.

Doa Nabi Yunus Bahasa Latin

 

Banyak yang mengamalkan doa nabi yunus oleh para kaum muslimin sebagai doa pembukaan supaya Allah Subhanallahu wa ta’ala mengabulkan permintaan doa kita. Di dalam doa yunus yang ada pada al quran surah Al Anbiya ayat 87-88, yakni :

*LAA ILAAHA ILLA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZ ZHAALIMII*

Artinya

*Tiada Tuhan Selain Engkau, Yang Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah orang-orang yang mendzalimi diri sendiri*.(QS Al-Anbiya’ : 87).

Nah, untuk itu ada beberapa yang harus kita amalkan supaya apa yang kita panjatkan semoga diijabah oleh Allah Subhanallahu wa ta’ala. Pada ayat yang ke 87 itu adalah potongan ayat yang menjadikan nabi yunus bebas dari kesusahan atau kesulitan.

Sedangkan pada kalimat لاَ اِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ , سُبْحَا نَكَ اِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّا لِمِيْنَ ini merupakan kalimat yang memiliki potongan ayat yang sangat dalam maknanya.

Makna Dalam Doa Nabi Yunus

 

doa nabi yunus
wowdahsyat.com

Kita bisa mengetahui makna dari doa ini yang sangat luar biasa, padahal doa ini sangat singkat sekali, tetapi dibalik doa itu ada beribu arti. Dan jika doa nabi yunus ini kita amalkan pada saat-saat kondisi ita darurat maka, bacalah doa ini supaya Allah Subhanallahu wa ta’ala mengabulka permohonanmu.

Dari pada itu doa ini harus kita hafalkan seperti doa ini,


لاَ اِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ , سُبْحَا نَكَ اِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّا لِمِيْنَ


Artinya :

*Tiada tuhan selain Engkau, yang maha suci Engkau, aku termasuk orang-orang yang banyak berbuat dzalim*. (QS, Al Anbiya 21 :87)

Makna yang terkandung bahwa Nabi Yunus ini ingin memberikan nasihat kepada kaumnya, dan ternyata kaumnyapun tidak ada seorang pun yang mengikuti apa yang ia nasehati supaya kaumnya beriman di antara mereka. Datanglah suatu hari kepada Nabi Yunus di mana beliau, merasakan keputus asaan kepada kaumnya karena mereka ketika itu tidak ada yang beriman kepada Nabi Yunus. Dan hatinyapun dipenuhi dengan perasaan yang sangat gelisah sehingga beliau keluar dalam keadaan putus asa dan menetapkan untuk meninggalkan mereka.

Kegelapan pertama, beliau yang berada pada kegelapan pada kedalaman laut, beliau dalam keadaan sunyi, gelap dan kesepian. Bahkan beliau merasakan kegelapan yang tingkatnya semakan kegelisahan. sehingga hal tersebut dialami secara bersamaan kepada nabi yunus.

Kegelapan kedua adalah kegelapan malam hari, dan disitu tidak ada cahaya yang menyinari, hanya ada beliau sendiri, bayangkan jika

Kalian yang berada pada posisi ini apa yang anda lakukan. Ternyata nabi yunus selalu berdoa kepada Allah swt.
Dan yang tiga adalah kegelapan yang dialami dalam perut ikan hiu yang sangat besar dan beliau hanya membaca doa ini لاَ اِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ , سُبْحَا نَكَ اِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّا لِمِيْنَ sampai beliau bisa keluar dari perut ikan hiu, sampai terdampar di pinggir pantai

Doa Nabi Yunus Untuk Hajat

  1. Diriwayatkan dari Tirmidzi dan Al-Hakim dari Sa’ad bin Abi Waqash r.a dari nabi shalallhua alaihi wasala. Bersabda: Doa dzunnun (Nabi Yunus) ia ketika itu yang berada pada perut ikan hiu ia membaca : LAA ILAAHA ILAA ANTA SUBHANNAKA INNII KUNTU MINAZH ZHOOLIMIIN.
  2. Diriwayatkan dari Ibnu Sunny, Nabi Shalallahu alaihi wasalam bersabda: “bahwasanya yan telah aku ketahui suatu kalimat yang biasa dibaca ketika dalam kesempitan supaya dapat menghilangkan masalah yang sedang sulit dialami seperti berdoa : LAA ILAAHA ILAA ANTA SUBHANNAKA INNII KUNTU MINAZH ZHOOLIMIIN.
  3. Diriwayatkan oleh para ulama yang mimpi bertemu kepada Nabi Shalallahu alaihi wasalam, lalu ia bertanya kepada beliau : Wahai Rasulullah, saya memiliki hajat kepada allah swt, maka bagaimana aku meminta wasilah kepada-Nya ? Beliau bersabda : “siapa yang memiliki hajat kepada allah, maka bersujudlah lalu bacalah doa ini LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNII Doa Nabi Yunus Alaihis salam, pasti yang terlintas dalam pikiran banyak orang adalah tentang kisahnya yang kepada kaumnya KUNTU MINAZH ZHOOLIMIIN. Sebanyak 40 kali, maka hajat yang kamu minta insya allah diijabah oleh allah.

Cara Mengamalkan-Nya

 

Setiap kali anda berdoa dengan doa meminta ada saja untuk kebaikan denunia dan kebaika akhirat maka bacalah doa tersebut terlebih dahulu. Sertakan doa ini dalam setiap doa-doa anda. Maka insya allah dengan izin allah, doa yang anda minta akan dikabulkan dan mustajab oleh allah SWT.


Dalilnya adalah Rasulullah shallaallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

دَعْوَةُ ذِي النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِي بَطْنِ الْحُوتِ: (لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنْ الظَّالِمِينَ) فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِي شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

Doa Dzun Nun ketika berdoa dalam perut ikan adalah: ‘Laa ilaaha illaa anta , subhanaka inni kuntu minazh-zhoolimiin.’
Artinya: ‘Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Mahasuci Engkau, sesungguhnya tidak ada seseorang muslim pun yang berdoa dengannya kecuali Allah akan kabulkan.'(HR. Tirmidzi, Ahmad, Hakim, dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani)

Doa ini juga diceritakan oleh allah SWT dalam Al Quran:

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (87) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (88)

Aartinya:

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam gelap: ‘Bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk golongan orang-orang yang dzalim.’ Maka kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkan kami dari kedutaan dan demikianlah kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Anbiya’: 87-88)

Jadi saudaraku, jika anda sedang dihimpit kesulitan maka pasrahlan semuanya kepada Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Mengadulah hnaya kepada allah…

Mintalah hanya kepada Allah karena hanya Allah lah yang bisa mengabulkan doa anda. Hanya Allah yang dapat menghapus seluruh kesedihan dan kesulitan yang anda rasakan saat ini.

Kenapa Doa Ini Menjadi Panutan?

 

Karena didalam doa tersebut merupakan pengakuan pada kalimat tauhi dan kepada Allah azza wa jalla, dan untuk menjadikan pengakuan dosa apa yang telah dilakukan serta dalam kedzaliman.

Sudah seharusnya setiap hamba yang mengalami kesulitan atau kemudahan untuk tetap membaca doa ini pada setiap saat. Dan semoga Allah mem berikan yang terbaik pada umatnya yang telah memohon kepada penciptanya. niscaya doa tersebut diijabah oleh Allah. Yakinlah!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *