doa mandi wajib

Tata Cara Dan Doa Mandi Wajib Yang Benar

Mandi adalah salah satu hal yang diwajibkan untuk kita lakukan. Salah satu cara untuk membersihkan adalah dengan membersihkan atau mensucikan diri dengan air supaya kotoran di tubuh kita bebes dari najis. Ditambah lagi dengan perkara yang menyangkut hadast besar maka seperti mandi wajib dan doa mandi wajib.


Namun ada sebagian orang yang belum mengetahui tentang bagaimana cara mandi wajib. Yang diwajibkan sendiri adalah mandi yang harus dilakukan setiap manusia terutama kepada umat muslim. Bagaimana cara seseorang itu terkena mandi wajib? dan apa doa mandi wajib yang benar? Untuk itu kami akan menjelaskan secara detail tentang mandi wajib dibawah ini.

Niat, Tata cara, dan Doa Mandi Wajib

 

doa mandi wajib
pixabay.com

Bagaimana dengan orang yang belum mengetahui atau lupa bagaimana cara berniat mandi wajib. Bahkan juga ada yang belum tahu pula tata cara mandi wajib. Baiklah kami akan menjelaskan materi tentang mandi wajib, jika anda masih penasaran bagaimana semua caranya, untuk itu anda bisa menyimak langsung penjelasan dibawah ini.

Niat Doa Mandi Wajib

 

Sebelum kita melaksanakan mandi wajib pastikan terlebih dahulu membaca niat mandi wajib, atau sebeum mandi kita membaca niat mandi wajib dengan bahasa indonesia, jika belum tahu bacaan bahasa arab.


Agama Islam adalah agama yang rahmatallil alamin yang sempurna dan mengerti dalam situasi keadaan kaum muslim. Karena itu diperboleh untuk membaca niat dengan niat mandi wajib dalam bahasa indonesia yang penting (tahu makna dari mandi wajib itu sediri). Namun taukah anda bagaimana pengertian dari mandi wajib itu sendiri?

Pengertian Mandi Wajib 

 

Dalam bahasa arab kata mandi disebut ghusl, maknanya secara bahasa adalah mengalirkan dari yang keatas sampai kebawah. Sedangkan makna luasnya adalah meratakan air keseluruh tubuh dari kepala sampai kaki.
Ketika menyiram air kebagian tubuh disertai dengan niat untuk membersihkan diri dari hadast basar hingga merata.

Penyebab Mandi Wajib

 

Ada beberapa jenis penyebab mandi wajib yang dimaksud adalah hadast besar. Hadast besar adalah segala kotaran yang membersihkan untuk mandi wajib. Berbeda dengan hadast kecil yang hanya membersihkan dengan berwudhu saja.
Tetapi ada beberapa yang harus kamu perhatikan ketika dalam keadaan tidak suci dan harus mensucikan dengan mandi wajib.

  • Darah Haid

Darah Haid adalah salah satu hadast besar yang menggeluarkan darah haid untuk wanita. Jika seorang wanita yang terkena haid dan telah suci kembali dari haidnya maka hal yang harus dikerjakan adalah mandi wajib.

  • Darah Nifas

Hadast besar yang kedua adalah darah nifas yang di alami oleh wanita karena keluarnya setelah melahirkan. Jadi, tata cara mandi wajib akibat dari darah haid dan juga nifas yang hanya dilakukan oleh seorang wanita saja. Dan hukumnya harus mandi wajib. setelah menggeluarkan darah haid atau darah nifas itu hukumnya sama saja.

  • Keluar Mani

Kemudian selanjutnya adalah keluarnya air mani, Penyebab keluarnya mani karena adanya rangsangan syahwat. Mani adalah air yang keluar pada alat kelamai sesorang ketika terjadi rangsangan yang mangakibatkan keluarnya air mani. Jadi jika kalian mengeluarkan air mani maka harus untuk mandi wajib degan sempurna, supaya bisa mengerjakan ibdah yang lain.

  • Muallaf

Muallaf adalah orang kafir yang baru masuk islam atau disebut dengan (muallaf). Untuk itu kenapa harus mandi wajib karena sebagai salah satu alasan untuk menghilangkan masa lalu yang tidak mempercayai agama Islam, oleh sebab itu seseorang yang baru masuk islam harus mandi wajib. Untuk suatu bentuk penyucian diri dengan agama Islam.

  • Meninggal Dunia

Kewajiban yang kelima adalah ketika seseorang yang sedang meninggal. Apabila ada orang muslim yang meninggal dunia maka ia wajib dimandikan karena ini merupakan yang di perintahkan oleh allah SWT, ada faktor lain yang tidak wajib dimandikan yaitu saat dalam peperangan dan mati syahid.

Doa Mandi Wajib

Setiap anda melakukan mandi wajib maka anda wajib untuk membaca niat, supaya yang ada niatkan mendapatkan amalan ibadah di sisi Allah SWT, ada semoga amalan yang anda lakuakan setelah melakukan mandi wajib ini diterima.

Ketika anda di dalam kamar mandi maka niat tidak perlu di baca terlalu kencang atau bisa membaca niat didalam hati saja. Atau juga anda bisa melafalkan niat dalam bahasa arab untuk meluruskan niat mandi wajib.

  1. Do’a niat mandi wajib Umum

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSl LALIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA’ALA

Artinya:
Saya niat mandi wajib untuk mensucikan hadast besar karena Allah ta’aala


2. Doa mandi junub wanita

نويت الغسل لرفع الحدث الا كبر من الحيض فرضا لله تعالى

NAWAITUL GHUSL LALIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL HAIDI FARDLON LILLAHI TA’ALA

Artinya:
saya niat mandi wajib untuk mensucikan hadast besar dari haid karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Mandi Wajib

Kenapa mandi itu disebut dengan janabah? Karena ingin memberi kesan bahwa dalam mandi itu semua sisi bagian yang ada dalam tubuh kita mesti tersapu dengan air, jadi bukan hanya mandi seperti biasanya mungkin sebagian ada yang belum terbasahi.

Hadis Ke 1

Hadis yang diriwayatkan dari Aisyah berkata, Rasulullah Ketika beliau mandi janabah yang dilakukan adalah membaca niat, membasuh kedua tangan kemudian berwudhu seperti berwudhu untuk sholat, lalu menyela-yela rambutnya sampai merata dengan menggunakan tangannya, kemudian mengambil air untuk membasuh dan menyiram kepala secara keseluruhan lalu siramkan air keseluruh tubuh dengan memakai sabun atau shampo.

Hadis Ke 2

Kemudian yang diriwayatkan dari maimunah binti Al – harist berkata. Ketika itu beliau sedang berhubungan dengan maimunah, kemudian Nabi mandi janabah pada saat itu, maimunah berkata, ketika beliau mengambil air dengan tangannya dari bejana (wadah) lalu mencuci kemaluannya dengan tangan kirinya, dan menyela rambutnya.


Pada bagian rambut untuk perempuan ada dua cara, boleh diikat(dikepang) karena maimudah pernah rambutnya dikepang, lalu ia bertanya kepada Rosulullah, ya Rasulullah apakah ketika mandi rambut saya uraikan kemudian beliau bersabda tidak perlu kamu uraikan, cukup kamu guyur/basahi dengan air secara merata dan apabila sudah merata maka sahlah mandimu, setelah itu, berwudhu seperti layaknya sholat tetapi kaki belum dibasuh, dan terakhir siramkan air keseluruhan tubuh sampai bagian kaki di basahi.

Nah, Dari sinilah para ulama sepakat untuk menggabungkan bagaimana tata cara mandi wajib yang baik dan benar.

Langkah-Langkah Mandi Wajib

 

Ini adalah langka-langkah yang harus kita melakukan mandi wajib. Berbeda dengan mandi seperti biasanya, tidak asal mandi tetapi ada langkah sendiri yang harus di ikuti satu per satu. Berikut ini adalah urutan cara mandi wajib yang harus anda lakukan

1. Membaca Niat Mandi Wajib

Membaca niat ini hukumnya diwajibkan dan niatnya hanya didalam hati sebelum melakukan mandi wajb. Karena niat adalah untuk membedakan antara mandi biasa dengan mandi wajib. Agar mendapatkan ibadah dalam mandi wajib.

2. Membasuh Kedua Tangan

Basuh kedua tangan sebelum mandi wajib. Supaya bernilai sunnah maka mencuci tangan terlebih dahulu sampai 3 kali.

3. Membersihkan Kotoran Dari Bagian tubuh yang masih kotor

Untuk membersihkan bagian tubuh yang masih kotor dianjurkan untuk menggunakan tangan kiri. Membersihkan seperti pada bagian kemaluan, dubur dan ketiak. Harus benar-benar bersih secara menyeluruh agar mandi wajibnya sah.

4. Menggulang Cuci Tangan Kembali

Setelah mebersihan tubuh pada bagian yang kotor, hal yang sangat penting supaya tangan bebas dari najis yang masih menempel saat mandi. Bersihkanlah tubuh dengan menggunakan sabun atau dengan sabun lainnya. Supaya tubuh tambah lebih bersih dan harum.

5. Berwudhu

Berwudhu ini merupakan hal yang wajib dilakukan ketika mandi wajib. Jadi anda harus melakukan dengan tertib seperti mengambil air wudhu untuk shalat.

6. Membasahi Kepala

Cara yang harus dilakukan untuk membasahi kepala adalah cukup mengguyurkan tiga kali, sampai menyeluruh pada bagian rambut dan kulit harus merata dengan air.

7. Menyela Rambut

Anda bisa menyela-yela rambut dengan tangan bagian kiri sampai terasa airnya memnbasahi hingga menyeluruh pada bagian kepala.

8. Menyiram Seluruh Anggota Tubuh

Kemudian Yang terakhir yaitu menyiram seluruh bagian anggota tubuh mulai dari tubuh bagian kepala sampai bagian bawah pada kaki.

Lebih Jelas Lagi Tonton Video Cara Mandi Wajib Di Bawan Ini

Intinya sebelum mandi wajib adalah membaca doa mandi wajib karena hukumnya wajib di kerjakan, untuk menghilangkan najis yang ada di dalam tubuh salah satunya dengan mandi wajib seperti yang ada di atas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *