Bacaan Istighfar Ini Yang Menenangkan Hati

Bacaan istighfar – Di dalam artikel ini membahas tentang bacaan istighfar, keutamaan serta kisah untuk orang yang selalu membaca istighfar.

Setiap manusia pasti memiliki dosa, baik dosa di sengaja atau tidak sengaja, dosa besar maupu dosa kecil.

Dosa ini bisa berupa tidak menjalankan perintah Allah meninggalkan apa yang di larang Allah, tidak berdzikir dan tidak melaksanakan ibadah-ibadah yang telah di anjurkan.

Dosa-dosa yang kita lakukan ini seolah-olah akan menghilangkan keberkahan hidup, di jauhana dari rezeki, kurang beribadah kepada Allah dan lalai dari peringatan-Nya.

Karena sebab itu, kita semua sangat membutuhkan pertolongan dan ampunan dari Allah swt. Salah satu caranya untuk mendapatkan ampunan dari Allah yaitu dengan membaca sholawat.

Dengan membaca istighfar atau Astaghfirullah adalah sebuah permohonan ampunan kepada Aallah swt dengan segala kesalahan dan dosa yang kita buat.

Kita sebagai manusia yang pasti memiliki berbagai macam dosa. Sudah semestinya untuk meminta ampunan dengan membaca istighfar, supaya segala kesalahan yang kita perbuat selama ini dapat di hapuskan dari segala kejelekan-kejelekan.

Ketika kita sedang membaca istighfar yang lebih afdhol lagi, membacanya dengan membayangkan segala kesalahan yang pernah kita lakukan baik dalam keadaan sengaja maupun tidak disengaja.

Seperti yang telah dikatakan di dalam sebuah hadist bahwa sesungguhnya istighfar akan mendapatkan kebaikan.

Barangsiapa yang membiasakan dengan membaca kalimat istighfar, maka Allah akan menjadikan, pada setiapa kesulitan akan ada kemudahan, setiap kesedihan akan diganti dengan kebahagiaan serta akan mendatangkan rezeki yang tidak diduga-duga.

Tahukah Anda? Bahwa istighfar itu dapat membuat Allah seneng lho. Malah rugi jika kita tidak mengucapkan kalimat istighfar secara rutin setiap hari.

Kemudian bagaiman sih membaca istighfar dengan baik? Yaitu dengan berdasarkan Al-quran dan hadist. Berikut di bawah ini adalah macam-macam istighfar:

Bisa juga baca: https://muklisin.com/bacaan-tasbih/

bacaan istighfar
hqpictura.co.uk

Bacaan Istighfar Yang Lengkap

 

Setiap hari terutama ketika selesai sholat wajib, bacaan istingfar tidak pernah kita lupa dari ucapan dan selalu di baca setelah selesai sholat.

Bukan hanya selesai sholat wajib saja, justru ketika kita sedang doa sholat dhuha agar doa yang kita minta lebih di ijabah oleh Allah swt. Dan dipermudah dalam segala kesulitan dan dimudahka dalam rezekinya.

Lalu bagaiman istighfar yang lengkap, Ada beberapa macam kalimat istighfar yang berdasarkan Al-quran dan hadist.

 

الَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbanaa innanaa aamannaa faghfir lanaa dzunuubanaa waqinaa ‘adzaaban naar”.


<iframe height=”357″ class=”embed-ayah” style=”overflow:hidden;” width=”100%” frameborder=”0″ seamless=”seamless” scrolling=”no” src=”https://tafsirq.com/embed/ayat/309″></iframe>

Kapan Waktu Membacanya?

 

Didalam kehidupan keseharian kita, seharusnya kita ingat dengan penciptanya, salah satu untuk mengingat dengan penciptanya yaitu dengan membaca istighfar kepda Allah.

Nah, kapan waktu yang paling baik untuk membaca istighfar yang sesuai Al-quran dan hadist.

Barangsiapa yang mengucapkan disiang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia meninggal dunia pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk surga dan siapa yang mengucapkan di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia meninggal dunia sebelum shubuh maka dia termasuk penduduk surga.” (HR. Al-Bukhari – Fathul Baari 11/97)

Isi Kandungan dan Maknanya?

 

Ini adalah suatu doa agung yang mencakup bermakna tentang: Taubat, menyadari sendiri, merendahkan diri kepada Allah Tabaraka wa Ta’ala dan kembali menghadap kepada-Nya.

Nabi Shalallahu ‘alahi wa Sallam menyebutnya sebagai Sayyidul Istighfar (penghulu istighfar), yang demikian itu karena melebihi seluruh bentuk istighfar dalam hal keutamaan. Dan lebih tinggi dalam hal kekuasaan.

Diantara makna sayyid adalah orang yang melebihi kaumnya adalah dalam hal kebaikan dan yang berkekuasasaan tinggi dikalangan mereka.

 

Keutamaan Bacaan Istighfar

 

keutamaan istghfar
Kumparan.com

Sesungguhnya di dalam bacaaan kalimat istghfar terdapat banyak keutamaan yang begitu dahsyat. Jika di baca setiap saat, di manapun Anda berada, kecuali tempat yang memang Allah larang untuk di baca seperti di dalam WC atau di kamar mandi.

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang keutamaan istighfar yang diraih oleh seorang hamba sebagai berikut:

 

Untuk Menghapuskan Dosa

Dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala, 

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا

 اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

“Dan orang-orang yang, apabila berbuat keji atau menganiaya diri sendiri, mengingat Allah lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka. Siapa lagi yang dapat mengampuni dosa, kecuali Allah? Mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” [Ali ‘Imran: 135]

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, yang maknanya “Semua anak cucu Adam pasti pernah melakukan kesalahan dan sebaik-baik yang melakukan salah ialah orang banyak bertaubat”.

Berarti semua manusia pasti melakukan dosa. Karena itu, untuk menghilangkanya yaitu dengan memperbanyak membaca istighfar.

 

Penyebab Turunya Hujan

 

Dengan membaca istighfar bisa menyebabkan turunya rahmat Allah dari langit yang tidak di duga-duga dengan turunya hujan. Supaya tidak terjadi kekeringan dan menyebabkan kesuburan tanah.

 

Dilapangkan Rezeki Seorang Hamba

 

Seseorang yang rajin membiasakan dengan membaca istighfar maka akan dilapangkan rezekinya sehingga hidupnyapun sejahtra dan merasa cukup.

Allah subhanahu wa Ta’ala berfirman :

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا. يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا. وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

“Maka aku berkata (kepada mereka), Mohonlah ampunan kepada Rabb kalian (karena) sesungguhnya Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit atas kalian. Dan Dia akan melipatkangandakan harta dan anak-anak kalian, menjadikan kebun-kebun atas kalian, serta menjadikan sungai-sungai untuk kalian.” [Nuh: 10-12]

 

Dihindari Dari Musibah dan Siksaan Di dunia dan Akhirat

 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Dan Allah sekali-kali tidak akan menyiksa(mengazab) mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah Allah akan mengazab mereka, sedang mereka dalam keadaan beristighfar.” [Al-Anfal: 33]

 

    Mendatangkan Rahmat Allah

 

Dengan membaca istighfar maka akan mendatangkan rahmat karena Allah Subhanahu wa Ta’ala sendiri yang berfirman,

لَوْلَا تَسْتَغْفِرُونَ اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Hendaklah kalian memohon ampunan kepada Allah semoga kalian dirahmati.”[An-naml: 46]

Perhatikanlah apa yang di jamin tersebut! Semoga Allah merahmati seseorang yang membaca istigfhfar kepada-Nya.

   Dimudahkan Segala Urusan

 

Rashulullah SAW bersabda yang artinya “Barangsipa yang membiasakan dengan membaca istighfar untuk dirinya, maka Allah akan memberikan jalan kemudahan dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagian dari setiap kesusahan, dan akan memberikan rezeki dari arah yang tidak di sangka-sangka,”(HR Abu Daud no. 1520 dan Ibnu Majah no. 3951, dan di-dha’if-kan oleh Albani).

    Menolak Balak dan Bencana

 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Dan Allah tidak akan menyiksa(mengazab) mereka sedang mereka dalam keadaan beristighfar.” [Al-Anfal: 33]

 

Kisah Seorang yang Sering Membaca Istighfar

 

Kisah Ajaib Pedagang Roti

 

kisah ulama imam ahmad
thayyiba.com
Imam Ahmad rahimahullah merupakan salah satu ulama besar yang bermadzhab 4 yang namanya mahsyur hingga saat ini. Dalam sebuah kisah yang dituliskan kepada  Imam al Jauzi rahimahullah dalam bukunya tentang kisah Imam Ahmad yang dikisahkan bahwa saat sang Imam memasuki usia senja beliau begitu ingin pergi ke Negeri Syam.
Namun anehnya Imam Ahmad sama sekali tidak memiliki tujuan yang jelas, kenapa Ia ingin pergi ke tempat itu? Padahal dia harus menempuh perjalanan yang begitu jauh dari kerumahnya yaitu di Baghdad.
Kemudian Imam Ahmad menuju kenegeri Syam. Sesampainya di negeri Syam, Imam Ahmad berhenti sejenak untuk menunaikan salat dzuhur dan beristirahat. Di tempat itu tidak ada seorangpun yang mengenalinya.
Sampai ia menunggu di masjid tersebut hingga menjelang shalat Ashar. Setelah Ashar, sang Imam membaca Alquran untuk menunggu waktu Magrib dan Isya. Setelah habis malam, Imam Ahmad kemudian ingin tidur dan beristirahat di sekitar masjid tersebut.
Namun penjaga(marbot) masjid tidak mengizinkan Ia untuk tidur disana.
“Ya syekh. jangan tidur di masjid ini,” kata penjaga
Tetapi Imam Ahmad menolak, “Saya seorang musafir, saya ingin istirahat disini” jawab sang Imam.
Namun sang penjaga(marbot) tetap menolak dan memintanya untuk keluar lalu kemudian mengunci pintu masjid. Setelah penjaga tersebut pergi, Imam Ahmad kembali beristirahat di sekitar masjid.
Tapi, sang penjaga kembali datang dan lagi-lagi mengusirnya hingga mendorongnya sampai menuju ke jalanan.

Diusir Dari Masjid

Lalu ada tukang roti yang rumahnya tidak jauh dari masjid melihat kondisi tersebut. Tukang Roti tersebut memanggilnya
“Wahai syekh, kemarilah beristirahatlah di toko ku, ”
Kemudian beliau masuk kerumah si penjual roti tersebut, melihat si penjual roti yang sedang membuat adonan roti. Pada saat itu beliau tidak mengenalkan dirinya hanya bilang sebagai musafir saja.
Yang menariknya si penjual roti ini. Ketika Imam ahmad mengajak berbicara maka dia menjawabnya, tapi kalau tidak, dia terus melakukan pembuatan adonan roti sambil melafazkan istighfar dan Astaghfirullah Wa Atuubu Ilaih.
Gambar terkait membuat adonan roto
arrahmah.co.id
Ketika saat meletakkan garam dia membaca Astaghfirullah Wa Atuubu Ilaih, saat memecahkan telur sambil membaca Astaghfirullah Wa Atuubu Ilaih, saat mengadon gandum sambil membaca Astaghfirullah Wa Atuubu Ilaih. Karena dia senantiasa mendabakan kalimat istighfar yang sudah merupakan kebiasaan yang mulia.
Sampai Imam Ahmad memperhatikan si penjual roti.
lalu Imam Ahmad bertanya” sudah berapa lama kamu berjualan roti ini?”.
Penjual roti ini menjawab “Sudah lumayan lama sekali, saya menjual roti sudah dari remaja,
Imam Ahmad bertanya lagi “apa hasil dari perbuatanmu ini?
Si penjual menjawab “Tidak ada apapun yang saya minta kepada Allah, kecuali dikabulkan.Apa yang saya minta kepada Allah pasti dikabulkan.
Kemudian si penjual roti ini melanjutkan “semua yangsi minta dikabulkan semua kecuali satu, yang belum terkabulkan”.
Imam Ahmad langsung bertanya “apa itu?”.
Si penjual roti itu “saya minta kepada Allah supaya dipertemukan dengan Imam Ahmad”.
Seketika itu Imam Ahmad bertakbi, “Allahuakbar, bacaan istighfarmulah yang membuat saya datang ke tempat ini tidak tahu kenapa.
Setelah itu Imam Ahmad berkata “Saya adalah Ahmad”.
Si penjual roti ini, kemudian memuji Allah, karena ternyata orang yang selama ini saya dambakan berada di depan saya.
Inilah kisah seseorang yang begitu yakin dengan kalimat istighfar Allah kabulkan. mungkin sampai di sini saja artikel yang kami buat semoga setelah membaca artikrl ini tambah mendekatkan diri kepada Allah swt.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *