Arti Kedutan Dalam Dunia Medis

Arti Kedutan – Fenomena kedutan dalam dunia medis diyakini sebagai gejala kesehatan yang terjadi pada membrane syaraf. Bagi orang yang awam, arti kedutan ini berarti anggota badannya sering berkedut pada bagian mata dan tangannya. Lalu arti kedutan dalam dunia medis adalah gejala gangguan pada syaraf, dimana salah satu dari bagian tubuh tertentu bergerak sendiri. Kedutan ini bisa dialami oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan, anak-anak maupun orang tua.

Kedutan bisa terjadi selain pada siapa saja juga bisa terjadi dibagian tubuh mana saja. Kedutan bisa terjadi di bagian tubuh sebelah kiri maupun sebelah kanan. Namun, ketika berbicara mengenai arti kedutan dalam dunia ramalan atau primbon. Kedutan adalah salah satu bentuk “komunikasi” tubuh untuk memberitahu pemilik tubuh bahwa akan datang sesuatu hal. Sesuatu hal tersebut bisa bermakna baik ataupun buruk.

Arti Kedutan Lengkap Menurut Dunia Medis

arti kedutan
arti kedutan

Dalam dunia medis, kedutan mata biasa disebut dengan blefarospasme atau gerakan yang berulang pada kelopak mata bagian atas dan terjadi secara spontan. Gerakan ini bisa terjadi beberapa detik sekali dan berlangsung selama kurang lebih 1 hingga 2 menit. Kedutan tidak hanya terjadi pada satu mata saja, melainkan bisa terjadi pada kedua mata. Kedutan tidak terasa menyakitkan dan bisa hilang sendiri, namun kedutan bisa mengganggu. Berikut penjelasan tentang kedutan:

Tipe Mata Kedutan

Nah, bagi sebagian orang merasakan mata kedutan menganggap hal ini adalah suatu hal yang ringan. Namun, bagi sebagiannya lagi menganggap kedutan adalah sesuatu hal yang sangat mengganggu. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa jenis kedutan berdasarkan tingkat dari keparahan dan gejala penyertanya. Biasanya mata kedutan dibedakan menjadi 3 kategori berikut ini:

Baca juga : 

• Kedutan Minor

Kedutan ini biasanya tidak nyeri dan tidak berbahaya. Kedutan minor muncul mengikuti gaya hidup, seperti kelelahan, kurang istirahat, stress, dan suka mengonsumsi minuman keras. Selain itu, kedutan juga bisa muncul karena meminum minuman berkafein secara berlebihan dan kebiasaan merokok. Kedutan minor juga bisa disebabkan karena iritasi pada kornea.

• Blefarospasme Esensial Jinak

Hal semacam ini bisa dipicu dari beberapa hal, seperti mengonsumsi minuman keras atau minuman berkafein yang berlebih. Lalu bisa juga terjadi karena terpapar cahaya yang terang, kelelahan, kurang tidur, dan iritasi akibat polusi udara. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan pria dan dipercaya merupakan perpaduan antara faktor keturunan dan lingkungan.

Penyebab Mata Sering Kedutan

mata lelah

Ada beberapa penyebab mata kedutan yang sering dialami bagi seseorang pada umumnya;

1. Mata lelah

Pada kondisi ketika mata lelah Anda akan mengalami kelelahan karena penggunaan yang intens, seperti duduk didepan leptop dengan waktu yang panjang, menonton, atau ketika membaca.

2. Alergi

Sering orang yang mengalami alergi mata yang muncul akibat gejala mata sering gatal, kemerahan, dan sering keluar air. Nah, ketika Anda mengalami tersebut apa yang ada lakukan yaitu jangan mengucek mata dengan tangan, karena akan melepaskan histamin yang ada di dalam jaringan di sekitar mata. Sehingga dapat menyebabkan kelopak mata menjadi berkedut.

3. Banyak Pikiran

Banyak pikiran ini yang sering di rasakan oleh kebanyakan orang, karena banyanya pikiran dapat menyebabkan otot-otot dan bagian syaraf pada sekitar tubuh, termasuk mata, menegang secara berlebihan. Inilah yang akan menyebabkan mata sering kedutan.

Baca juga :

 

Cara Mengatasi Mata Kedutan

Dari segi medis, mata kedutan tidak bisa dis amakan dengan firasat kedutan yang ada di segi ramalan atau primbon. Bagi medis, mata kedutan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika hal ini tidak segera hilang dan terus muncul. Maka Anda bisa mengatasinya dengan beberapa hal berikut:

• Istirahat cukup
• Membatasi minum banyak kafein, rokok, dan minuman keras
• Kondisi mata kering bisa diatasi dengan air mata buatan
• Compress hnangat mata ketika kedutan terasa
• Batasi menarap layar alat elektronik atau gadget.

Arti kedutan di atas sudah dijelaskan dari segi medis. Jadi, apapun penyebab mata kedutan. Sebaiknya kondisi mata yang mengalami kedutan segera diperiksakan ke dokter mata aar diagnosis bisa ditentukan. Untuk mengobati mata kedutan, dokter mungkin akan memberi saran suntik botox. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan, akupuntur, dan hypnosis serta terapi nutrisi untuk mengatasi mata kedutan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *