15 Nama Alat Musik Papua -Terbaru-

15 Nama Alat Musik Papua 

Alat Musik Papua – Nama Papua sudah tidak asing lagi karena banyak memiliki keanekaragaman budaya mulai dari rumah adat papua, pakaian adat papua, alat musik papua, makanan adat papua dan masih banyak lainnya.

Selain itu, daerah papua yang mempunyai 25 suku dan beragam, sehingga banyak terdapat di wilayah papua dengan bermacam budaya, kreatifitas suku masyarakat sampai alat musik papua yang bisa kamu baca disini.

Alat Musik Papua

Di daerah ini bukan hanya terkenal dengan keindahan pemandangan bawah laut seperti Raja Empat, dan berbagai macam keberagaman suku.

Mungkin Anda sudah mengtahui tentang alat musik papua ini, tapi kami ingin lebih dalam lagi menyampaikan yang lengkap. Jangan malas jika ada sesuatu hal yang baru supaya bisa menambah wawasan Kamu.

 Alat Musik Pikon

 

pikon
rri.co.id

Alat musik papua yang pertama adalah Pikon yang berasal dari kata pikonane yang berarti bunyi, pada alat musik papua ini yang bermain adalah kaum laki-laki, khusus pada daerah suku dani.

Mereka membuat dengan bahan bambu yang di buat sebagai hiburan, cara memain kanya yaitu dengan meniup dan tangan menarik tali pada ujung pada pikon supaya mendapatkan bunyi nada-nada yang dihasilkan.

Alat musik ini biasa di gunakan sebagai mengisi waktu luang dan bisa sebagai penghibur diri, atau berkumpul untuk main barsama.

Alat Musik Yi

 

alat musik Yi
alatmusik.org

Selanjutnya, alat musik Yi yang terbuat dari bambu yang di bentuk seperi suling, alat ini di mainkan sebagai penggiring tari-tarian daerah atau bisa juga untuk memanggil penduduk daeah supaya berkumpul.

Alat ini snagat sederhana tetapi menggeluarkan suara yang indah sehingga dapat di gunakan sebagai suari untuk berkumpul para masyarakat. Alat musik ini berasal dari daerah papua barat.

Saat ini alat musik Yi ini sudah sangat jarang di temukan sehingga alat musik Yi sudah sangat langka.

Alat Musik Triton

 

alat musik triton
djarumcoklat.com

Alat musik tiron adalah alat musik yang terbuat dari karang yang besar yang fungsinya tidak jauh dari alat musik Yi, yang dapat digunakan sebagai memanggil atau peringatan supaya penduduk untuk berkumpul bersama.

Untuk cara memainkanya adalah dengan cara meniup sekuat-kuatnya, Kebanyakan alat musik tiron ini digunakan dari suku biak.

Alat Musik Fuu

 

alat musik fuu
indonesiakaya.com

Berikutnya, alat musik Fuu ini di buat dari bahan kayu atau bambu, yang digunakan untuk memanggil penduduk suku tersebut atau juga sebagai pengiring tarian pada suku Asmat, terletak di kabupaten marauke, Papua.

Hampir sama alat musik ini dengan alat musik Yi yang berbentuk seperti suling atau tabung, karena bentuknya yang gempal dan berlubang pada ujungnya.

Alat Musik Kecapi Mulut

 

alat musik kecapi mulut
dictio.id

Kecapai mulut adalah alat musik yang dibuat dengan menggunakan bahan bambu wulu, untuk menggunakan alat ini ada caranya tersendiri. Cara untuk memainkanya harus di jepit dengan mulut, lalu tiup dengan menarik talinya.

Alat ini awalnya yang berasal dari suku Dani, sampai sekarang sudah menyebar di berbagai daerah Papua. Jika kamu ingin mencari alat musik yang seperti ini, dapat kamu temui pada musium Loka Budaya Universitas Cendrawasi.

Alat Musik Eme

 

alat musik Eme
bisniswisata.co.id

Eme adalah alat musik yang daidapatkan pada daerah Kamoro, Papua. Dari segi bentuk alat musik ini cukup unik, biasanya pada bagian luarnya di tempeli dengan gatah damar, jika terlalu banyak getah damar maka akan semaikin rendah suar yang di dapatkan.

Alat Musik Guoto

alat musik guato
alatmusikdaerah10.blogspot.com

Alat musik ini berasal dari Papua bagian barat, cara memainkanya dengan memetik dawai yang ada di tengan guoto.

Musik ini di mainkan sendiri ketika ada acara adat yang dibuat oeleh kepala suku, agar dapat berkumpul bersama.

Alat Musik Sekakas

alat musik sekakas
asepmusik.blogspot.com

Sekakas merupakan alat musik papua yang memiliki untuk memanggil atau memancing perhatian ikan hiu supaya ikan mendekat.

Biasanya alat musik ini di mainkan dengan meniup dan kebanyakan di mainkan pada acara adat atau sebagai penghibur.

Alat Musik Tifa Dasar

alat musik tifa dasar
negerikuindonesia.com

Tifa dasar ini masih satu rangkaia dengan tifa bas merupakan alat musik yang dipukul dengan menggunakan tangan agar dapat mengluarkan lantunan suara.

Biasanya alat musik Tifa dasar dimainkan dengan bersama atau berkelompok-kelompok.

Alat Musik Tifa Bas

 

alat musik tifa bass
myveenewblogaddress.blogspot.com

Kalau alat musik Tifa bas adalah alat musik tradisonal yangmenggeluatkan suara dan nada bas yang renadah. Biasanya alat ini di gunakan sebagai pengiring tarian. Suara Tifa ini membuat suara musik penggiring tarian adat menjadi lebih beragam.

Alat Musik Butshake

 

alat musik Butshake
adat-ku.blogspot.com

Butshake ini dibuat dengan menggunakan bahan bambu atau buah kenari, yang berasal dari daerah Muyu Kabupaen Merauke. Butshake sering dimainkan oleh masyarakat papua sebagai pengiring tarian adat.

Prinsipnya Butshake merupakan alat musik yang memiliki suara yang diciptakan dari benturan antar kenari yang ada pada bambu tersebut. Pada saat ini alat ini bernama marakas.

Alat Musik Krombi

 

Alat-Musik-Krombi
alatmusik.org

Alat musik ini dibuat dari bahan bambu dengan dawai dan dari bahan rotan atau serat tumbuhan lainnya yang memiliki tekstur kuat.

Krombi biasanya digunakan sebagai musik penggiring dalam kegiatan upacata adat atau pesta-pesta. Krombi ini bisa kamu temukan pada kampung Seremuk, Sorong, Papua.

Krombi biasa dipakai dengan berkolaborasi dengan alat musik yang lainya seperti alat musik piko, nailavos, fuakuika, karapra.

Alat Musik Amyen

Alat-Musik-Amyen
jenisalat.com

Kemudian alat musik krombi adalah yang berasal dari daerah papua yang menggunakan dengan ditiup, untuk bentuk krombi sangat mirip dengan suling, amyen ini dipakai sama seperti yang lainnya yaitu sebagai pengiring tarian dan untuk memaggil atau memberi tanda akan perang.

Bahan yang di gunakan adalah kayu putih, alat musik ini dipercaya dari suku Web, Papua.

Alat Musik Falun

 

Alat musik dari papua ini bernama Falun yang memiliki bentuk persamaan dengan suling, namun hanya mirip saja, cara memainkan juga berbeda dengan memukul pada bagian falun.

Jenis falun ini dapat dikategorikan dengan alat musik ritmis dan sebagai musik pukulan, terkadang juga bisa di gunakan sebagai pertadan bahaya.

Alat Musik Paar dan Kee

alat musik falu
anneahira.com

Alat musik ini cukup terbilang dengan alat yang paling unik, kegunaanya sebagai penutup kemaluan pria papua, terkadang juga digunakan sebagai penggiring adat.

Kalau alat musik Kee merupakan ikat pingga yang dibuat dari tulang hewan kasuari dan paar. Cara memainkan alat ini dengan menggoyangkan pada saat melakukan tarian adat, supaya menggeluarkan suara pada gerakan tersebut.

Alat Musik Atowo

alat musik arowo
cintaindonesia.web.id

Atowo merupakan julukan dari alat musik dari papua yang tidak mudah untuk menemukan Keberdaan. Bentuknya pun lumayan unik yang dan berukuran relatif kecil dan ringan.

Alat ini bisa digunakan dengan 2 tangan, yaitu tangan kiri memegang atawo dan dan tangan yang kanan untuk menabuh dengan cara memukul supaya mendapatkan irama yang lebih indah.

Kami berharap dengan adanya artikel ini supaya menambah pengetahuan Anda dan sumua agar lebih cinta lagi dengan bangsa Indonesia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *